Ternyata Nurhayati yang Putuskan Demokrat Walk Out

by
September 29th, 2014 at 2:37 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Fraksi Demokrat terus menjadi sorotan lantaran walk out (WO) saat rapat paripurna DPR soal RUU Pilkada. Akibat aksi ini, Presiden SBY yang juga merupakan Ketua Umum Demokrat pun ikut kena getahnya. Siapa dalang dari WO Demokrat?

nurhayati

Nurhayati Ali Assegaf – Ist

Ketua Fraksi Partai Demokrat (PD) DPR Nurhayati Ali Assegaf akhirnya mengaku bahwa perintah untuk WO itu adalah perintahnya. Nurhayati juga menegaskan bahwa SBY tidak pernah memerintahkan Fraksi Demokrat untuk WO, semua itu murni keputusannya.

Keputusan walk out adalah keputusan saya karena saya melihat memang tidak mungkin,” kata Nurhayati saat diwawancarai oleh wartawan di Kantor DPP Demokrat, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Senin (29/9/2014).

Menurut Nurhayati, sebagai pimpinan atau ketua fraksi, dirinya memang harus berani mengambil keputusan tegas. Karena usulan Pilkada langsung dengan 10 perbaikan yang diajukan PD tidak direspon oleh fraksi lain, akhirnya Nurhayati pun memutuskan WO.

Terkait kabar adanya instruksi dari SBY, Nurhayati membantahnya. Nurhayati mengaku tidak pernah mengontak SBY yang saat ini tengah melakukan kunjungan kerja ke luar negeri. Keputusan WO tersebut murni keputusan dirinya karena merasa usulan PD tidak direspon.

“Tidak ada, saya sama sekali tidak menerima (instruksi SBY), bahkan tidak berkomunikasi dengan Pak SBY ketika saya mengambil keputusan (WO) itu,” jelas Nurhayati.

Lebih lanjut, Nurhayati menjelaskan bahwa sejak awal SBY telah menginstruksikan agar PD tetap mendukung Pilkada langsung namun dengan 10 perbaikan. Menurut Nurhayati, sikap tersebut sebagai tanda PD itu tidak memihak kubu Jokowi maupun kubu koalisi Merah Putih.

“Kita tidak butuh jabatan-jabatan. Kita tidak silau dengan tawaran-tawaran menteri, dan tawaran-tawaran kekuasaan, kami bersama rakyat. 10 perbaikan ini datangnya dari rakyat,” kata Nurhayati.

Nurhayati pun menyayangkan kubu Jokowi (PDIP, PKB, Hanura) yang tidak mau ikut walk out. Menurut Nurhayati, kalau memang setuju dengan Pilkada langsung, seharusnya kubu Jokowi ikut walk out sama seperti kubu PD.

“Saya berharap kalau memang misalnya ada yang menyetujui ya ikut walk out,” ujar Nurhayati.

(YG)

Comment di sini