6 Cara Komunikasi Orang Zaman Dulu Hingga Sekarang

by
October 1st, 2014 at 9:35 am

CiriCara.com – Manusia merupakan makhluk sosial dimana kita terus berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain. Pada dasarnya manusia akan melakukan komunikasi setiap harinya. Cara berkomunikasi yang dilakukan zaman dulu dan zaman sekarang pun berbeda.

telepon jaman dulu

Telepon kaleng – Ist

Pada zaman dulu manusia melakukan komunikasi terbatas dengan waktu dan tempat. Mereka hanya bisa berkomunikasi secara face to face ataupun suatu tanda yang memiliki arti. Mereka juga hanya berkomunikasi kepada orang sekitar saja dan sangat sulit untuk berkomunikasi jarak jauh.

Dengan seiring waktu, alat komunikasi pun bermunculan dengan fungsi dan perkembangannya masing-masing. Tujuan perkembangan alat komunikasi adalah mempermudah dalam komunikasi secara efektif dan efesien.

Berikut ini alat komunikasi yang pernah dipakai oleh manusia :

1. Surat

Pertama kali surat dikenal sejak ribuan tahun yang lalu di peradaban Mesir. Surat ini biasanya dikirim menggunakan binatang seperti merpati. Waktu pengiriman surat ini tidak terlalu singkat antara satu sampai tiga hari.

2. Telegraf

Telegraf merupakan alat komunikasi untuk menyampaikan pesan jarak jauh dengan menggunakan kode morse. Telegraf ini biasanya digunakan untuk kepentingan bisnis. Telegraf pun mengalami perkembangan dengan menggunakan elektromagnet receiver agar kode morse dapat diterjemahkan dalam bentuk tulisan.

3. Telepon

Alexander Graham Bell merupakan penemu dari alat komunikasi dalam bentuk suara jarak jauh yaitu telepon. Telepon juga mempersingkat waktu dalam penyampaian pesan. Telepon pun terus mengalami perubahaan secara fisik maupun sistem.

4. Pager

Alat komunikasi untuk menyampaikan pesan singkat dengan menggunakan signal radio yaitu pager atau beeper. Pager ini hanya dapat menerima pesan singkat dan untuk mengirim pesan membutuhkan beberapa proses. Ada 3 jenis pager yaitu

  • Numeric pagers: pager ini hanya menampilkan tampilan numeric dari nomor telepon untuk ditelepon.
  • Alphanumeric pagers: pager ini mengalami modifikasi dari numeric pagers sehingga dapat menampilkan tampilan teks.
  • Two-way alphanumeric pagers: pagers ini menggunakan keyboard kecil untuk menyampaikan pesan.

Proses PDKT - Ist5. Telepon genggam atau handphone

Telepon genggam atau handphone merupakan alat komunikasi elektronik yang dapat dibawa kemana-kemana tanpa menggunakan kabel dan bisa berkomunikasi dengan telepon dan mengirim pesan (sms). Handphone terus mengalami perkembangan dengan penambahan fitur seperti kamera, radio, dan lain-lain.

6. Internet

Internet dapat melakukan komunikasi dengan waktu dan jarak tak terhingga. Di dalam internet, kita bisa mendapatkan informasi dan berkomunikasi sehingga muncullah social media seperti Facebook dan Twitter. Selain itu, sekarang kita pun dapat berinternet dimana saja dan kapan saja dengan menggunakan gadget maka sangat memudahkan untuk berkomunikasi.

Perkembangan teknologi komunikasi pun berkembang secara terus menerus secara inovatif. Teknologi komunikasi yang sudah ada sekarang membantu manusia untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa batas waktu dan tempat.

Comment di sini