Apakah Anda Penderita Anxiety Disorder?

by
October 1st, 2014 at 11:09 am

CiriCara.com -

1. Apa kamu sering merasa tegang atau mati rasa di tangan dan kaki?

a. Ya                            b. Tidak

2. Apa kamu khawatir berlebihan tentang kejadian yang sedang terjadi atau yang akan datang?

a. Ya                            b. Tidak

3. Apa kamu menderita sakit di bagian perut atau sepanjang kerongkongan?

a. Ya                            b. Tidak

4.  Apa kamu kesulitan tidur dan beraktivitas karena memikirkan sesuatu secara berlebihan?

a. Ya                            b. Tidak

5.  Apa kamu pernah menghindari kontak sosial karena khawatir dan takut berlebihan?

a.Ya                             b. Tidak

gangguan jiwa

Gelisah berlebihan – Ist

Jika kamu menjawab Ya lebih dari dua kali, ada kemungkinan besar kamu menderita Anxiety Disorder. Anxiety disorder adalah salah satu kelainan psikologi dimana seseorang merasa takut dan gelisah secara berlebihan sehingga menimbulkan sakit secara fisik seperti otot tegang atau mati rasa, gangguan pencernaan dan sakit di dada.

Penderita Anxiety Disorder tidak sedikit, bahkan Anxiety Disorder adalah salah satu penyakit psikologis paling banyak diderita. Penyebab Anxiety Disorder sangat beragam; bisa dari genetic, karena penggunaan obat-obatan terlarang, alcohol, dan karena trauma masa lalu yang membuat seseorang tidak nyaman karena memikirkan hal yang sepele. Masalah psikologis ini juga diderita berbagai kalangan umur, walaupun sebagian besar penderitanya berada dalam usia produktif.

Orang yang memiliki Anxiety Disorder biasanya sering merasa gelisah jangka panjang dan terkadang kegelisahan itu tidak tertuju pada satu hal yang jelas, hanya datang begitu saja dan dapat berkembang menjadi rasa takut berlebihan. Untuk orang awam, orang dengan Anxiety Disorder memiliki ciri-ciri seperti orang anti-sosial, tidak pandai bergaul karena tidak sering melakukan aktivitas sosial, dan tertutup.  Padahal Anxiety Disorder dapat dihindari dan dapat disembuhkan, loh!

Kalau kamu memiliki Anxiety Disorder, berikut ini adalah cara untuk menghindari dan menyembuhkannya:

  • Untuk menghindari datangnya gelisah atau takut berlebihan, mulailah menyibukkan diri dengan tugas dan kegiatan yang positif seperti olahraga, ikut kursus music dan ikut kegiatan sekolah. Kegiatan-kegiatan tersebut pasti menyita waktu sehingga kamu sehingga rasa kegelisahan itu tidak datang.
  • Jangan malu untuk bercerita tentang keluh kesah kamu dengan orang tua dan teman dekat. Orang dengan Anxiety Disorder memiliki kesulitan dalam menceritakan keadaannya sebab Anxiety Disorder tidak dapat dilihat kasat mata. Mereka kadang tidak percaya dengan pengakuan orang itu dan membuat anxiety mereka menjadi-jadi. Kalau orang tua belum mengerti, coba jelaskan dengan perlahan. Mereka pasti akan mengerti dan membantu kok.
  • Dalam beberapa kasus yang cukup serius, seseorang yang memiliki Anxiety Disorder dapat berkonsultasi dengan psikolog dan menjalani terapi.
  • Yang terpenting adalah tetap tenang dan berpikiran positif. Dalam hidup memang selalu ada situasi kurang baik dan kamu harus memikirkannya
Comment di sini