Tips Diet Sehat dan Berpahala

by
October 1st, 2014 at 9:12 am

CiriCara.com – Kesehatan adalah modal untuk hidup, sebagai manusia kita dituntut untuk memelihara kesehatannya dalam menjalankan tugasnya sebagai khalifah di muka bumi ini. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam pun pernah bersabda :
Dua nikmat yang sering kali manusia tertipu oleh keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang”. (HR. Bukhari no. 6412).

diet ala rasulullah

Sehat ala Rasulullah – Ist/Pulsk

Dari sini dapat kita lihat, betapa meruginya kita menyia-nyiakan kesehatan yang kita peroleh gratis, jika kita bandingkan dengan keadaan Rumah Sakit yang selalu ramai. Begitu mahal rasanya jika kesehatan itu terenggut dan beitu sulitnya untuk mengembalikan kekeadan yang semula. Tetapi, kita sebagai manusia sudah seharusnya berusaha memperbaiki segala kerusakan yang terjadi baik yang ada di dalam diri kita maupun lingkungan. Ada isitilah yang menyebutkan, “Lebih baik mencegah daripada mengobati” atau upayakanlah, “Sehat sebelum Sakit”. Maka dari itu, mari kita ikuti sunnah-sunnah Rasulullah dalam menjaga kesehatan dengan melakukan Diet Sehat.

Diet bukan saja dianjurkan untuk orang-orang yang memiliki penyakit tertentu seperti, Obesitas, Diabetes Mellitus dan Komplikasi penyakit lainnya. Tetapi sebaiknya hal ini dilakukan oleh semua orang yang benar-benar ingin mendapatkan manfaat dari Diet yang diajarkan oleh Rasulullah yaitu dengan Berpuasa. Mengapa harus dengan berpuasa?

Karena dengan berpuasa, organ-organ penceranaan yang ada di dalam tubuh kita diberikan waktu luang atau kelonggaran dalam bekerja seharian memproses makanan yang kita cerna untuk setiap harinya, sehingga proses penyerapan nutrisi dalam tubuh akan lebih optimal. Selain dengan berpuasa, di sini akan dijelaskan diet sehat bagi orang-orang normal untuk mempertahankan kesehatannya dan sangat dianjurkan untuk penderita Obesitas ala Rasul.

Berikut tips-tips diet sehat yang bisa diikuti ala Rasulullah SAW:

1. Pagi hari Rasulullah SAW bersarapan dengan segelas air campuran air dingin dengan sesendok madu asli. Dalam hal ini mengapa dicampur dengan madu? Karena Madu berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus dan menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan.

2. Pagi menjelang siang, Rasulullah SAW memakan tujuh butih kurma matang. Dalam sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang makan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun”.

3. Sore hari, Rasulullah mengkonsumsi adalah cuka dan minyak zaitun serta makan pokok seperti roti. Yang bermanfaat untuk mencegah melemahnya tulang, kepikunan di hari tua, melancarkan sembelit, menghancurkan kolesterol dan melancarkan pencernaan. Roti yang dicampur cuka dan minyak zaitun juga berfungsi untuk mencegah kanker dan menjaga suhu tubuh di musim dingin.

4. Malam hari, menu Rasulullah adalah sayur-sayuran. Karena sayuran memiliki kandungan zat dan fungsi yang sama yaitu menguatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari serangan penyakit. Sayuran termasuk makanan jenis ringan yang mudah dicerna oleh tubuh sehingga cocok untuk dikonsusmsi malam hari karena waktu itu proses pencernaan tubuh tidak cukup berat.

5. Rasulullah SAW tidak langsung tidur sehabis makan malam. Dan biasanya beliau beraktivitas setelahnya untuk menurunkan makanan yang akan diproses tersebut seperti, Shalat atau bisa juga merapikan kamar.

6. Rasulullah SAW sering berolahraga.

7. Rasulullah tidak menganjurkan untuk mengkombinasikan makanan di bawah ini untuk dikonsusmsi secara bersamaan yaitu:

panjang umur

Tetap olahraga – Ist

• Mengkonsumsi susu dengan makan daging.
• Mengkonsumsi ayam dengan minum susu
• Mengkonsumsi ikan dengan telur atau daun salad
• Mengkonsumsi susu dengan cuka
• Mengkonsumsi buah dengan minum susu

Dari beberapa penelitian telah menyebutkan manfaat yang luar biasa dari kebiasaan Rasulullah dalam mengatur Diet dan pola makan. Maka tunggu apa lagi, kita sebagai umatnya untuk melaksanakan sunnahnya, selain sehat berpahala pula.

Comment di sini