Tips Mengembangkan Online Shop

by
October 1st, 2014 at 9:57 am

CiriCara.comOnline shop sudah sangat menjamur di kalangan anak muda Indonesia. Hampir semua anak muda mempunyai online shop, mulai dari yang menjual fashion seperti baju, sepatu, aksesoris sampai dengan yang menjual gadget.

Belanja melalui internet - Ist

Belanja melalui internet – Ist

Sukses dengan online shop? Sangat mungkin, dan hal ini telah dibuktikan oleh wanita muda bernama Dini Utami Putri. Bermula dari keinginannya untuk menciptakan sushi yang dapat dinikmati semua kalangan masyarakat baik dari segi harga maupun rasa. Beliau membuat sebuah online shop yang menjual sushi secara online dengan harga yang hanya berkisar 15 ribu sampai dengan 30 ribu rupiah saja. Usaha sushi online yang dibukanya sejak Oktober 2011 ini dapat meraup omset 180 juta sampai dengan 200 juta per bulannya dengan keuntungan 35%.

Tidaklah mudah mencapai titik kesuksesannya sekarang ini. Sebelum meraih sukses beliau mengantar, membuat, dan menerima pesanannya sendiri. Beliau juga pernah mendapatkan tips sebesar tiga ribu rupiah ketika sedang mengantar sushi pada pelanggannya. Dini mempercayakan pengantaran sushi ke pelanggannya dengan menggunakan kurir pribadi. Ia memegang prinsip bahwa sushi yang dibuatnya harus sampai dengan selamat di tangan pelanggannya, maka dari itu ia menggunakan kurir pribadi yang sehari-hari mengantarkan pesanan ke daerah di Jadetabek. Menurutnya dengan modal berapapun semua orang dapat memulai usaha dan selalu pantang meyerah.

Berikut tips dan trik dalam menjalankan usaha online shop :

1. Pantang menyerah. Jangan pernah menyerah ketika mengalami kesulitan atau mendapat tekanan. Jadikan kesulitan atau tekanan itu menjadi motivasi untuk lebih maju lagi.

2. Mau menerima kritik dan saran. Gunakan kuisioner setiap 3 bulan sekali, untuk mengetahui kritik dan saran dari customer untuk membangun perubahan yang lebih baik pada sebuah online shop.

Bisnis online shop untuk pemula /

Bisnis online shop untuk pemula / Ist

3. Melayani customer dengan ramah. Hindari perdebatan dengan customer karena jika sebuah online shop memberikan citra positif, maka word of mouth akan bekerja dengan positif, dengan kata lain akan menambah loyalitas customer.

4. Pengiriman tepat waktu. Usahakan mengirim pesanan customer sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

5. Sosial media. Gunakan social media seperti facebook, twitter, instagram untuk menambah luas jaringan customer. Jika mempunyai modal lebih dapat menggunakan jasa pembuat web untuk membuatkan web khusus online shop.

Comment di sini