Tips Liburan Murah ke Waduk Jatiluhur

by
October 2nd, 2014 at 8:46 am

CiriCara.com – Berlibur adalah hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan, apalagi jika berlibur tanpa memakan biaya yang mahal, ada beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi untuk mengisi waktu liburan anda, tempatnya tidak begitu jauh dari Ibu Kota Jakarta, yakni Waduk Jatiluhur, yang terletak di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Hanya dengan waktu kurang lebih satu jam perjalanan dari Jakarta melalui jalur tol Cipularang, anda sudah bisa sampai ke bendungan terbesar di Indonesia ini.

waduk jatiluhur purwakarta

Waduk Jatiluhur – Ist

Sebagai informasi, Waduk Jatiluhur memiliki nama resmi Waduk Ir. H. Juanda, mulai dibangun pada tahun 1957, meskipun demikian teknologi yang digunakan sudah cukup canggih. Waduk Jatilihur mampu menyediakan jumlah air cukup besar yakni 12.9 m3 / tahun yang berguna untuk memproduksi tenaga listrik sekitar 1000 kwh setiap tahunnya, selain itu air yang tersedia berfungsi untuk menyediakan air irigasi untuk 242.000 ha sawah. wah amazing.

Di Kawasan Waduk Jatiluhur ada beberapa hal yang menarik dan bisa anda lakukan, seperti memancing, bermain di waterpark jatiluhur, berperahu ke tengah waduk, berfoto ria dengan latar belakang bentangan air dan bukit, ataupun hanya bermain air di pinggir sembari menunggu matahari tenggelam yang sangat indah. Jangan khawatir akan kelaparan di Waduk Jatiluhur, karena disana telah banyak tersedia warung makan yang mayoritas menyajikan ikan segar hasil tangkapan dari Waduk Jatiluhur.

Untuk mencapai ke Waduk Jatiluhur ada beberapa alternatif yang bisa dipilih, apakah menggunakan angkutan pribadi, Bus, ataupun kereta api, tergantung pilihan anda dan perlu diketahui semuanya ada untung dan ruginya.

1. Menggunakan Angkutan Pribadi.

Jika anda menggunakan angkutan pribadi seperti mobil, dari Jakarta atau Bandung anda bisa melalui jalan tol, dan keluar di Gerbang Tol Jatiluhur, lalu ikuti arah ke Waduk Jatiluhur yang berjarak hanya 6.5 KM dari gerbang tol. Untuk pengguna mobil akan dikenakan tarif masuk perorang Rp. 7.500,- dan untuk mobil Rp. 10.000,-  tarif ini tidak termasuk biaya parkir di sekitar Waduk. Nah, plusnya jika menggunakan mobil adalah anda akan lebih mudah berkeliling area waduk yang sangat luas.

2. Menggunakan Bus.

Jika Menggunakan Bus dari Bandung atau Jakarta, gunakanlah bus ekonomi, karena akan mampir untuk menaikan dan menurunkan penumpang di Purwakarta, sementara bus eksekutif tidak. minta turunlah di Bunder/Ciganea, dari sana lanjutlah menggunakan angkutan kota nomor 11 berwarna merah untuk tujuan Waduk Jatiluhur dengan tarif Rp. 6.000,- hal yang menguntungkan jika menggunakan angkot adalah pengunjung tidak dikenai biaya masuk, entah kenapa, namun menurut informasi hal itu karena untuk menarik wisatawan yang berkunjung dengan menggunakan angkot.

3. Menggunakan Kereta

Nah bagi pengguna kereta ada beberapa kereta yang berhenti di Stasiun Purwakarta, salah satunya adalah kereta ekonomi lokal dari Jakarta tujuan Purwakarta yang bertarif cukup murah, hanya Rp. 3.000,- saja!. Jika dari Bandung naiklah kereta ekonomi Cibatu dari Stasiun Kiara Condong atau Padalarang tarifnya pun cukup murah sekitar Rp. 3.500,-. Turunlah di Stasiun tujuan terakhir Purwakarta, kemudian naiklah angkot 03 ke Bunder/Ciganea sampai disana bergantilah dengan menaiki angkot 11 tujuan Waduk Jatiluhur.

Selamat berlibur, liburan tidak perlu mahal, namun memuaskan.

 

Comment di sini