Cara Berhemat dengan Memilah Daftar Belanja Bulanan

by
October 6th, 2014 at 8:22 am

CiriCara.com – Kebanyakan orang paham manfaat membuat daftar belanja bulanan rumah tangga sebelum pergi ke toko swalayan. Sebenarnya, daftar belanja bukanlah satu-satunya resep jitu untuk mengontrol anggaran belanja. Kemampuan mengendalikan diri ketika mata dihadapkan pada berderet-deret produk menarik di toko swalayan dan penggunaan nalar ketika sedang berbelanja lebih menjadi kunci untuk menekan pengeluaran bulanan.

berhemat

Cara berhemat – Ist

Beberapa tips dalam artikel ini menunjukkan cara memilah isi daftar belanja bulanan untuk membantu membuat uang Anda bernilai lebih. Kelompok-kelompok barang dalam daftar belanja rumah tangga akan lebih fokus pada jangka waktu penggunaan dan daya tahan barang yang bersangkutan.

Kelompok barang yang bisa dibeli patungan dalam jumlah besar

Ada barang-barang keperluan sehari-hari yang bisa dibeli sekaligus dalam jumlah besar, seperti perlengkapan kamar mandi, produk-produk pembersih rumah tangga, dan bahan makanan tahan lama. Meskipun pembelian dalam jumlah besar seharusnya menjadikan per unit barang lebih murah, Anda mungkin merasa harga secara keseluruhannya terlalu tinggi untuk ditanggung sendiri. Patungan dengan rumah tangga lain bisa menjadi solusi. Ajaklah beberapa tetangga, teman, atau saudara yang memerlukan barang yang sama untuk berbagi harga keseluruhan. Toko-toko yang memungkinkan tawar-menawar, seperti yang dijumpai di pasar tradisional, akan lebih baik untuk mendapatkan harga grosir yang lebih rendah daripada toko swalayan.

Di sejumlah negara lain, komunitas crowd purchasing atau group purchasing semacam ini terus berkembang. Aktivitas mereka tidak hanya terbatas pada barang kebutuhan harian, tetapi bisa sampai menjangkau kamar hotel-hotel berbintang, telepon seluler keluaran terbaru, dan perabot elektronik rumah tangga seperti televisi, mesin cuci, atau lemari es. Jumlah pembelian minimum berlaku dalam aktivitas ini dan tawar-menawar bisa menurunkan harga per unit barang hingga 50 persen.

Kelompok barang yang bisa ditimbun

Manfaatkan diskon dan masa promosi pada produk-produk tertentu untuk menimbun, asalkan barang tersebut tahan lama atau masih jauh dari kedaluwarsa. Produk-produk baru biasanya diperkenalkan ke publik dengan harga rendah. Tidak sebatas itu, bermacam-macam barang sering ditawarkan dengan potongan harga, beli 1 gratis 1, beli 2 dapat 3, dan sebagainya tetapi pastikan harga-harga tersebut benar-benar lebih rendah daripada harga satuan atau harga sebelumnya. Praktik melambungkan harga sebelum menerapkan diskon umum terjadi. Ini yang perlu dicermati agar Anda tidak justru terjebak membayar lebih dari yang seharusnya.

belanja hemat

Belanja di Supermarket – Ist

Kelompok barang yang bisa beralih merek

Ketika membuat daftar belanja, usahakan untuk tidak berpatokan pada satu merek. Meskipun Anda mungkin memiliki merek andalan untuk produk-produk tertentu, membuka peluang untuk merek-merek lain yang lebih murah bisa jadi menguntungkan kantong tanpa mengorbankan kualitasnya. Memilih merek lain yang memiliki kualitas tidak jauh beda namun lebih murah, kenapa tidak? Lagi-lagi produk perlengkapan kamar mandi, pembersih rumah, dan bahan makanan kering memungkinkan Anda beralih merek. Produk-produk bermerek terkenal tidak selalu lebih mahal daripada produk-produk bermerek toko swalayan yang bersangkutan atau bahkan tidak bermerek. Begitu juga sebaliknya.

Sayuran dan buah-buahan

Seperti kita tahu, sayuran dan buah-buahan segar selalu lebih baik daripada yang telah dipajang di rak toko swalayan selama berhari-hari, apalagi sayur dan buah kalengan. Batasi membeli sayuran dan buah-buahan dari toko swalayan hanya untuk keperluan mendesak, seperti untuk memasak pada hari itu juga atau besoknya. Untuk hari-hari lain, usahakan membeli bahan makanan ini dari pedagang harian.

Comment di sini