Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan? Masa Sih?

by
October 6th, 2014 at 9:46 am

CiriCara.com – Kopi, adalah salah satu minuman yang sangat nikmat apalagi kalau disantap pada pagi hari sebelum beraktivitas. Bahkan tidak sedikit orang yang mengonsumsi Kopi karena dipercaya dapat membuat orang terus ‘melek’ karena adanya kafein yang terkandung di dalam Kopi. Tetapi ada juga yang mengatakan bahwa mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan seperti osteoporosis, peningkatan detak jantung, bahkan bisa menyebabkan gangguan mata.

minum kopi / Ist

minum kopi / Ist

Tetapi di balik efek negatif mengonsumsi Kopi, ada juga manfaat kita mengonsumsi Kopi. Selain sebagai pembangkit stamina dan energi esktra, Kopi juga dipercaya dapat menurunkan berat badan! Gak percaya? Yuk intip sama-sama cara mengonsumsi Kopi untuk kebutuhan diet!

1. Jangan Konsumsi Kopi Secara Berlebihan

Mengonsumsi kopi secara berlebihan justru dapat menyebabkan gangguan yang fatal. Selain itu, mengonsumsi Kopi secara berlebihan dapat menyebabkan stress tingkat tinggi dan insomnia. Insomnia yang Anda alami membuat Anda malah akan makan berlebihan dan merusak program diet yang Anda jalani. Kurangilah porsi kopi Anda setiap hari menjadi 1-2 cangkir perhari.

2. Kurangi Krim dan Gula

Memang rasanya tidak enak kalau Kopi yang kita konsumsi tidak menggunakan krim atau gula sama sekali. Tapi, jika Anda benar-benar ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk mengurangi takaran untuk krim dan gula dalam Kopi Anda. Krim dan Gula yang berlebihan dapat menimbulkan penumpukan lemak. Kalau Anda tidak bisa mengurangi, cobalah menggantinya dengan susu skim atau pemanis bebas gula.

3. Secangkir Kopi Setelah Makan

Salah satu peran baik Kopi adalah menekan nafsu makan. Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi Kopi setelah makan. Lebih baik Anda mengonsumsi Kopi setelah makan malam, dengan tujuan untuk menekan nafsu ngemil Anda jika kelaparan di tengah malam melanda.

Kopi untuk ibu hamil / Ist.

Kopi untuk ibu hamil / Ist.

4. Konsumsi Kopi Sebelum Olahraga

Percaya atau tidak, mengonsumsi Kopi sebelum olahraga dapat meningkatkan energi dan konsentrasi. Tetapi selain itu, Kopi juga membantu melindungi sendi yang rusak dan mengurangi rasa nyeri setelah olahraga karena di dalam kafein ditemukan zat semacam antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi nyeri. Wow!

5. Jangan Lupakan Air Putih

Langkah terakhir adalah jangan pernah melupakan air putih. Walaupun Kopi dipercaya dapat menurunkan berat badan, tetapi manfaat air putih juga tidak kalah baik. Kopi dapat bersifat sebagai diuretik, yang berarti Kopi akan menyebabkan Anda kehilangan cairan tubuh. Agar tubuh Anda terhindar dari dehidrasi, minumlah secangkir air putih setiap Anda meminum secangkir kopi.

Itulah beberapa cara untuk mengonsumsi Kopi sebagai kebutuhan diet. Selain mengonsumsi Kopi, jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan sehat dan tentunya olahraga untuk membantu Anda mendapatkan tubuh ideal yang sehat! Good Luck, readers :)

Comment di sini