Lidah Buaya dan Manfaatnya

by
October 6th, 2014 at 8:34 am

CiriCara.com – Lidah buaya merupakan jenis tanaman yang mempunyai daun yang tebal dan banyak mengandung jel (lender), berasal dari Afrika dan mempunyai berbagai nama julukan seperti: plant of Immortality, true aloe, burn plant, lily of desert, elephant’s gall dan sebagainya.

Gel lidah buaya / Ist

Gel lidah buaya / Ist

Dari ke-300 jenis tumbuhan lidah buaya, hanya tiga jenis yang diusahakan tenar dan komersial seperti Aloe vera, Aloe perryi dan Aloe ferox dan di antara ketiga jenis ini hanya Aloe vera yang berpotensi dikembangkan dalam memenuhi industri seperti farmasi, campuran bahan pangan dan kosmetika.

Manfaat Lidah Buaya

Lidah buaya di samping sebagai bahan untuk industri seperti farmasi, pangan dan kosmetika, lidah buaya mempunyai manfaat yang luar biasa dan perlu dikembangkan kemanfaatnya tersebut. Seperti manfaat lidah buaya antara lain:

  • Lidah buaya sebagai anti oksidan bagi tubuh sehingga pada tubuh memproduksi metabolisme secara meningkat.
  • Sebagai penyembuhan luka, lidah buaya dapat mengembalikan jaringan kulit yang terluka atau rusak dan biasanya gel yang terdapat pada lidah buaya cukup dioleskan pada kulit/tubuh yang terluka disamping itu pula, lidah buaya pun secara eksternal dapat menghilangkan luka bakar, jerawat menahun, bisul,  atau gigitan serangga (jenis serangganya kecil)
  • Sebagai bahan antiinflamasi, biasanya tumbuhan lidah buaya sebagai bahan untuk mengobati secara internal caranya seperti diminum dengan cara di jus atau jus lidah buaya, dan dipercaya jus lidah buaya berfungsi untuk melancarkan saluran pencernaan.
  • Sebenarnya banyak sekali kemanfaatan dari pada tumbuhan gel atau lidah buaya. Dan pemanfaatan jenis tumbuhan lidah buaya  ini mulai ditemukan sejak zaman mesir kuno bahwa tumbuhan lidah buaya sebagai tumbuhan keabadian karena begitu banyak manfaatnya di zaman mesir kuno tersebut. Untuk itu karena kita yang berada di Indonesia terutama di daratan serta tropis ini, sebaiknya tumbuhan gel ini dibudidayakan dan dilestarikan karena manfaat dari tumbuhan lidah buaya ini sangat besar sekali.

Catatan: untuk mengkonsumsi tumbuhan lidah buaya ini, bila terkena suatu penyakit sebaiknya ditanyakan kepada ahlinya.

Semoga bermanfaat bagi kita dan anak cucu kita dikemudian hari

 

Comment di sini