Cara Anak Sekolah Dapat Uang Jajan Tambahan

by
October 7th, 2014 at 2:10 pm

CiriCara.com – Bagi anak yang masih sekolah, SD, SMP, atau bahkan SMA, uang jajan adalah salah satu hal terpenting dalam beraktivitas. Hayo ngaku, siapa yang dulu suka ngambek nggak mau berangkat sekolah karena nggak dikasih uang jajan?

cara dapat uang jajan

Uang jajan tambahan – Ist

Uang jajan ini fungsinya bukan cuma buat jajan si-omay atau gorengan aja. Beberapa anak sekolah juga punya cara tersendiri buat ngabisin uang jajannya. Misalnya, buat jalan bareng sama pacar, maen PS, dan pergi ke warnet buat ngerjain tugas sekolah (katanya).

Nggak apa-apa nggak jajan di sekolah, asalkan pulangnya bisa makan bakso bareng sama do’i. Suap-suapan di warung bakso pinggir jalan, ketahuan guru BP langsung lari lupa nggak bayar. Besok paginya guru BP nagih uang karena kemarin dia yang bayarin baksonya.

Nah, buat kamu yang punya uang jajan pas-pasan, coba aja lakuin cara buat dapat uang jajan tambahan berikut ini:

1. Minta sumbangan

Anak sekolah itu jiwa sosialnya masih tinggi. Jadi, kalau ada yang minta sumbangan pasti dikasih, walaupun cuma gope (Rp 500). Nah, kamu bisa ngajuin proposal ke anak OSIS buat bikin penarikan sumbangan atas nama “anak yang kurang beruntung”. Tinggal tempelin aja foto kamu di kardus amal. Selain bisa dapat sumbangan, kamu juga bisa jadi terkenal.

2. Jasa pemesanan jajan

Sebelum istirahat, kamu bisa mendata semua teman-teman di kelas. Tanyakan mereka mau pesen atau beli apa ke kantin. Setelah itu, kamu bisa kumpulin dana mereka dan jangan lupa juga buat minta upah. Lewat jasa pemesanan ini, minimal kamu bisa dapat jajan gratis.

3. Buka bisnis sendiri

Untuk bisa dapat uang jajan tambahan, kamu bisa buka bisnis sendiri. Seperti, bisnis mak comblang atau bisnis jasa ngerjain PR. Jadi, kamu bisa minta upah atau bayaran ke setiap temen yang mau nyontek PR dari kamu. Bisa per soal Rp 1.000 atau untuk soal-soal yang sulit Rp 5.000 per soal.

uang jajan

Uang dari orang tua – Ist

4. Bantu orang tua

Daripada kamu malak temen yang sama-sama lagi kere, mendingan kamu bantu orang tua menjalankan bisnisnya. Kalau bisnis orang tua kamu maju pesat dan menguntungkan, dijamin uang jajan kamu juga bakalan dinaikin.

5. Ikut lomba-lomba

Biasanya di mading sekolah itu banyak ditempelin informasi audisi atau lomba-lomba di dalam maupun di luar sekolah yang berhadiah uang. Nah, kamu bisa ikut lomba-lomba tersebut. Kan kamu dulu pernah juara lomba balap kelereng tingkat kecamatan?

Jadi anak sekolah itu harus kreatif, walaupun kere tapi tetep aktif. Udah nggak jamannya lagi ngambek nggak mau sekolah gara-gara nggak dikasih uang jajan. Kamu masih punya cara lain buat dapat uang jajan tambahan?

(YG)

Comment di sini