Unik! Akuarium Raksasa dengan Kubah, Tank dan Jendela Terbesar di Dunia

by
October 7th, 2014 at 2:33 pm

CiriCara.com – Ambisi Tiongkok untuk terus membuat proyek-proyek besar pemecah rekor dunia tahun ini nampaknya mulai terwujud. Akhir bulan Maret 2014 lalu, pemerintah Tiongkok meresmikan akuarium raksasa Chimelong Ocean Kingdom, yang berlokasi di Hengqin, Guangdong, Tiongkok. Akuarium tersebut dinobatkan sebagai akuarium terbesar di dunia untuk saat ini. Selain itu, Chimelong Ocean Kingdom juga menyabet 4 rekor dunia lainnya.

akuarium terbesar di tiongkok

Akuarium di Tiongkok – Ist

Taman akuatik ini menempati area seluas 50,5 hektar dan dinyatakan terbuka untuk umum setelah dibangun dengan memakan waktu selama tiga tahun. Hengqin Ocean Kingdom sendiri merupakan bagian dari Hotel Chimelong Hengqin Bay, yang merupakan hotel dengan konsep ekologi laut yang terbesar di dunia. Akuarium ini memiliki kubah yang terbesar di dunia, tank dan jendela akuarium terbesar.

Selain itu, panel akriliknya juga menyabet rekor terbesar di dunia. Rekor ini telah tercatat di Guinness World Record, Kamis (17/4/2014). Tempat ini diresmikan pemerintah sebagai taman rekreasi yang merepresentasikan samudera yang ada di dunia.

Para pengunjung dapat melihat 7 tema berbeda di taman rekreasi Chimelong Ocean Kingdom ini. Dengan tema samudera yang ada di dunia, para pengunjung disuguhi aneka biota laut yang membutuhkan 48,75 juta liter air asin dan air tawar yang digunakan untuk mengisi tank-tank akuarium itu.

Akuarium dengan daya tampung sekitar 22,7 liter air asin ini akan menjadi tempat tinggal bagi sejumlah hewan laut ganas seperti hiu dan paus. Ada pula hewan laut endemik dari Tiongkok, lumba-lumba putih dan lumba-lumba tropis berbintik. Ada juga hewan khas dari kutub seperti penguin dan beruang kutub.

Taman akuatik ini juga menjanjikan atraksi yang diklaim sebagai salah satu pertunjukan terbaik di Asia yang menghadirkan interaksi antara manusia dan hewan, yaitu wahana roller coaster yang lintasannya melewati hutan hujan buatan dan markas beruang kutub.

Atraksi lain yang bisa dicoba adalah ‘coaster bersayap’, sebutan untuk wahana bioskop 5D pertama di Benua Asia. Flying Over the Rainforest adalah judul film yang diputar di bioskop ini. Tapi hati-hati, kepala bisa terasa sangat pusing setelah menontonnya.

Comment di sini