4.000 Pohon Pinus di Polandia Bengkok Semua

by
October 13th, 2014 at 9:33 am

CiriCara.com – Polandia, salah satu Negara di Eropa Tengah ternyata menyimpan keunikan alam hasil Perang Dunia II. Di dekat kota Gryfino, terdapat hutan unik yang menjadi daya tarik. Hutan unik yang ditumbuhi pohon jenis pinus ini terdapat di desa Nowe Czarnowo, bagian barat Polandia.

hutan bengkok

Hutan Bengkok di Polandia – Ist

Lalu dimanakah keunikannya?

Sekitar 4.000 pohon pinus yang tumbuh menjulang di sana ternyata pada bagian bawah batang seluruh pohon itu melengkung 90 derajat ke utara. Karena keunikan itu, hutan ini dijuluki “Crooked Forest”, alias Hutan Bengkok.

Menurut perkiraan warga sekitar, keajaiban itu sengaja dilakukan manusia, tujuh sampai sepuluh tahun yang lalu. Mereka sengaja membengkokkan pohon tersebut untuk tujuan yang tak diketahui. Ada pula yang menyebutkan, pada tahun 1930, para petani ingin membuat furniture dari bentuk pohon yang bengkok itu, mulai dari pembuatan mebel kayu bengkok, bahan untuk membuat lambung perahu atau untuk membuat belenggu sapi yang biasa digunakan untuk membajak sawah. Namun, perang dunia mengganggu kehidupan petani, hingga mereka gagal panen. Sebuah artikel dalam laman asing juga menyebutkan lengkungan pohon disebabkan tekanan salju atau efek cahaya.

Sedangkan para sejarawan ternyata mempunyai teori sendiri untuk menjawab teka-teki Hutan Bengkok tersebut. Menurut mereka, pohon-pohon tersebut ditanam di wilayah konflik Perang Dunia II. Mulanya, hutan ini milik Jerman. Namun, ketika perang berakhir pada 1945, hutan resmi diambil alih Polandia. Ada kemungkinan, sistem tanam tersebut dilakukan para korban perang.

Menurut informasi, sampai saat ini pohon ini belum juga dipanen. Dan dibiarkan tumbuh begitu saja. Hal ini semakin menjadikan kental misteri di balik Hutan Bengkok Polandia tersebut.

Meskipun asal muasal hutan yang ditanami pohon pinus yang bengkok ke arah utara itu masih menjadi misteri, namun mengunjungi Hutan Bengkok rasanya tidak ada salahnya, karena kita akan diajak untuk merasa berada di dunia lain. Seakan ada aura magis, seperti dalam negeri dongeng dimana ada tumbuhan dengan bentuk aneh dalam jumlah yang banyak. Tak heran, hutan ini menjadi pilihan wisata bagi para pencinta suasana alam.

Comment di sini