Cara Merawat Gigi Berlubang

by
October 13th, 2014 at 9:47 am

CiriCara.com – Gigi merupakan bagian tubuh yang sangat vital dan penting, mengingat perannya sebagai pelumat makanan. Dan kesehatan gigi sangat perlu dijaga dengan baik, karena organ ini (gigi) seringkali terkontak secara langsung dengan bakteri sebagaimana mulut merupakan pintu gerbang masuknya bakteri dan beberapa virus ke dalam tubuh.

sakit gigi / Ist

Gigi berlubang / Ist

Kontribusi gigi sebagai pengaruh pada keistimewaan suatu  penampilan, sehingga patut untuk dijaga kebersihan dan kesehatannya, namun apabila sudah terjadi pada gigi kita, kita  harus secepatnya  melakukan perawatan yang lebih intensif lagi. Terlebih bila gigi kita terlanjur berlubang dan terasa linu sesekali. Ada beberapa cara dalam merawat gigi yang berlubang, diantaranya adalah:

1. Hindari sejumlah makanan, ada beberapa hal yang penting dihindari dalam rangka merawat gigi berlubang misalnya makanan yang bersifat dingin atau panas, makanan yang bersifat manis atau makanan berbumbu pekat seperti makanan yang bersantan. Apabila gigi terasa linu atau nyeri yang kambuhan di sekitar mulut atau tepi rahang, cobalah periksakan keadaan gigi dengan melihat di kaca rias. Jika kedapatan gigi berlubang, maka segera hindari makanan yang disebutkan tadi. Cara menghindari tersebut, dimaksudkan untuk perawatan gigi berlubang agar rasa linu tidak menjadi lebih parah lagi, dibandingkan pada saat yang dirasakan  sekarang.

2. Menggosok gigi secara benar dan rutin merupakan cara yang tepat dalam merawat gigi berlubang. Gigi berlubang kemungkinan diakibatkan karena melupakan dalam rutinitas menggosok gigi minimal dua kali sehari. Dengan demikian anjuran untuk pencegahan bertambah semakin parah dan lubang bertambah lebar. Oleh karena itu agar gigi kita tidak berlubang, biasakan untuk melakukan rutinitas menggosok gigi setiap pagi setelah sarapan dan sebelum tidur malam.

Pasta gigi pemutih / Ist

Pasta gigi pemutih / Ist

3. Penggunaan pasta gigi khusus, untuk gigi yang berlubang disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang khusus guna menangani masalah gigi berlubang. Pasta gigi ini biasanya mengandung banyak kalsium dan xylitol yang berfungsi memperbaiki email atau bagian gigi yang telah berlubang dan rusak.

4. Berkumur-kumur dengan air garam, cara ini dalam rangka merawat gigi berlubang adalah dengan berkumur dengan air garam, dan cara ini merupakan pertolongan pertama apabila ada pembengkakan di sekitar gigi. Air garam diketahui sebagai anti-bakteri yang menyebabkan gigi kita berlubang, cukup melarutkan satu sendok garam dengan segelas air hangat sekitar 250 cc air hangat.

Demikianlah cara merawat gigi berlubang, semoga bermanfaat.

Comment di sini