Ciri-Ciri Penonton Ganteng-Ganteng Serigala

by
October 13th, 2014 at 11:31 am

CiriCara.com – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) akhirnya memberikan sanksi berupa pemberhentian sementara terhadap sinetron “Ganteng-Ganteng Serigala” di SCTV. Sinetron GGS ini dilarang tayang selama 3 hari, mulai 21, 22, dan 23 Oktober 2014, mendatang.

sinetron ggs

Ganten-Ganteng Serigala – Ist

Terkait dengan hal itu, berbagai macam komentar pun mulai bermunculan. Ada yang setuju dan bahkan meminta agar sinetron GGS dihentikan secara permanen namun ada juga yang tidak setuju dengan sanksi tersebut, terutama mereka penggemar GGS.

Ketua jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Jakarta, Rachmat Baihaky pun ikut berkomentar terkait fenomena penonton remaja penggila sinetron GGS. Baihaky pun menyebutkan ada tiga karakter penonton Indonesia.

- Penonton mayoritas: penonton ini tidak melihat dari segi manfaat tayangan, tapi kepuasan emosi. Mereka akan tetap menonton sebuah acara televisi selama emosi mereka bisa tersalurkan melalui tayangan tersebut. Mereka tidak peduli apakah sinetron atau acara tv itu bermanfaat atau tidak.

- Penonton yang bisa bernegosiasi: “Negosiasi di sini artinya bisa memilih mana acara yang bermanfaat dan mana yang tidak,” jelas Baihaky, seperti dikutip dari Merdeka.com, Senin (13/10/2014).

- Penonton mandiri: “Kelompok ini bisa menciptakan karya sendiri. Bukan hanya bernegosiasi tapi mereka tahu bahwa ini hanya lingkaran setan ekonomi media. Artinya penonton ini kritis bisa membedakan mana yang harus dipercaya atau tidak,” jelas Baihaky.

Lalu, penonton GGS termasuk kelompok mana?

Menurut Baihaky, penonton GGS bisa dikategorikan sebagai penonton yang pertama atau penonton mayoritas. Hal ini bisa dilihat dari kualitas dan manfaat dari tontonan yang mereka tonton tersebut (GGS).

Dari segi cerita dan juga adegan di sinetron GGS, Baihaky menyimpulkan ciri-ciri dari penonton GGS berikut ini:

1. Tidak kritis

Menurut Baihaky, penggemar GGS tidak punya sifat kritis terhadap tontonan mereka sendiri. Mereka tidak peduli dengan alur cerita yang ada di sinetron tersebut, selama mereka masih bisa menikmatinya.

2. Tidak ada negosiasi

Penggemar GGS itu tidak ada negosiasi. Mereka cenderung hanya menonton satu acara televisi dan tidak mau beralih ke channel lain. Tak heran jika mereka tidak mau ketinggalan setiap episode-nya.

3. Hanya memikirkan kesenangan

Jika dilihat dari alur ceritanya, sinetron GGS sebenarnya hanya menceritakan hal yang berulang-ulang terus setiap episode-nya. Namun karena hanya memikirkan kesenangan, mereka pun tak akan bosan menonton GGS. Mereka tidak peduli dengan alur ceritanya, yang terpenting mereka bisa melihat artis kesukaan mereka.

(YG)

Comment di sini