4 Cara Menentukan Karir yang Tepat

by
October 14th, 2014 at 8:44 am

CiriCara.com – Pengertian karir itu sangat beragam maknanya, ada yang mengatakan bahwa karir adalah sebuah titik dalam kehidupan maksudnya bila seseorang mengalami perubahan posisi di tempat kerja, bila posisi kerja naik misalnya karyawan menjadi asisten direktur maka dibilang “karir” dan bila turun maka dikatakan karirnya suram.

karir nomor satu - fitnessmagazine.com

karir nomor satu – fitnessmagazine.com

Tapi yang harus diingat adalah bahwa karir adalah milik dirinya sendiri sedangkan pekerjaan adalah milik perusahaan. Sebab karir bukanlah sebuah titik dalam kehidupan yang kita jalani, dan karir bukanlah keadaan semata, tapi karir merupakan sebuah proses yang terangkai dan beragam sepanjang hidup kita.

Kita mungkin tidak bisa terpesona dengan pengertian karir tersebut, toh masyarakat awam tidak terlalu intens dengan pengertian karir yang sebenarnya, yang mereka tahu adalah bila karirnya cemerlang maka yang dipikirkannya adalah tentang pendapatan atau penghasilan, gengsi tinggi karena karir, phobia dipuja-puja orang lain karena karir itu. Anggapan mereka bahwa karir berkontribusi dengan sosialitas yang bagus. Dan harus diingat bahwa perjalanan karir juga mengalami pasang-surut, merangkai hal-hal yang pahit (belum sukses) dalam proses kehidupan.

Ada beberapa hal yang perlu dicatat dalam menentukan sebuah karir, yaitu:

  • Pelajari kepribadian kita. Pelajari dan selidiki kepribadian kita sendiri, sebab katanya banyak orang yang lupa dengan kondisi kepribadianya. Jadilah seorang psikologis untuk dirinya sendiri, dengan demikian kita mampu menentukan pilihan karir yang cocok.
  • Seimbangkanlah antara kepribadan dengan keahlian. Terkadang adanya ketidak cocokan antara kepribadian dengan keahlian. Misalnya bila kita mempunyai keahlian di bidang akuntasi maka sebaiknya pekerjaan sesuai bidangnya.
  • Bila mengalami kesulitan pekerjaan dan ada hubungannya pencapaian karir, solusinya adalah konsultasikan kepada spesialis, karena sang spesialis akan membantu kesulitan-kesulitanya.
  • Pastikan mintanya sesuai dengan kepribadiannya. Karena terkadang hobi terpendam bisa berubah menjadi karir yang menyenangkan dan tanpa prosedur kepribadian atau keahlian

Demikianlah pemaparan tentang arti karir yang sebenarnya serta cara menentukan sebuah karir yang bagus tentunya, dan juga sebagai sumber penghaslan di masa yang akan datang. Raihlah karir setinggi langit, semoga bermanfaat.

Comment di sini