Cara Mencegah Kekerasan Anak SD

by
October 14th, 2014 at 9:58 am

CiriCara.com – Baru-baru ini masyarakat kembali dihebohkan dengan beredarnya video kekerasan yang dilakukan oleh sejumlah siswa sekolah dasar (SD) terhadap temannya sendiri. Mereka menyiksa temannya itu dengan cara menendang dan memukul.

siswa sd

Ilustrasi siswa SD – Ist

Sebagai orang tua, tentu kejadian tersebut akan membuat Anda khawatir sekaligus prihatin. Bagaimana bisa, anak SD yang masih polos dan lugu itu tega menyiksa temannya sendiri. Apalagi kejadian itu terjadi di ruang kelas yang sejatinya masih berada di lingkungan sekolah.

Dengan adanya kejadian tersebut, jelas kinerja pihak sekolah patut dipertanyakan. Tapi, kita juga tidak bisa terus-terusan menyalahkan pihak sekolah saja, orang tua pun punya peran yang penting dalam mendidik anak. Jangan sampai kejadian serupa terjadi pada anak Anda.

Berikut beberapa cara untuk mencegah terjadinya kekerasan yang dilakukan anak SD:

1. Pilih tontonan yang baik

Anak-anak biasanya akan mudah meniru semua hal yang sering dia lihat, dengar, atau tonton. Itulah sebabnya, Anda sebagai orang tua harus bisa memilih tontonan yang baik untuk anak Anda. Hindari film atau sinetron dengan adegan kekerasan.

2. Jangan memukul

Orangtua terkadang suka memukul anak karena bandel atau nakal. Nah, sebaiknya Anda hindari kebiasaan tersebut. Karena anak bisa saja meniru memukul temannya karena sudah biasa dipukul oleh Anda. Lebih baik nasehati dia dan beri hukuman yang ringan jika dia nakal.

3. Jangan dimanja

Selalu memanjakan anak juga bisa membuat anak jadi egois dan mau menang sendiri. Akibatnya, dia gampang emosi dan mudah melakukan pemukulan terhadap temannya. Lebih baik, latih anak Anda untuk belajar sabar dan ajarkan dia untuk bertoleransi atau berbagi ke sesama.

Merdeka.com4. Nasehat yang baik

Berikan anak Anda nasehat-nasehat yang baik. Memberikan pengertian mengenai hal yang baik dan buruk itu lebih bagus daripada Anda memberikan hukuman dengan cara keras. Anak masih butuh belajar, baik dari orang tua maupun gurunya.

5. Jangan takut

Agar anak Anda tidak jadi korban bully atau penganiayaan oleh teman kelasnya, ajari dia untuk tidak takut melapor ke guru atau Anda sebagai orangtuanya. Berikan perhatian lebih terhadap anak, agar Anda bisa tahu dengan cepat jika ada yang aneh pada dirinya.

Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa. Mari kita arahkan mereka ke hal yang baik dan juga bermanfaat, agar kelak bangsa Indonesia bisa maju di tangan mereka.

(YG)

Comment di sini