Mengenal Penyakit Asam Urat

by
October 14th, 2014 at 10:19 am

CiriCara.com – Penyakit asam urat menurut masyarakat tertentu bila terjadinya tubuhnya terasa ngilu pada sendi. Mitos ini berkembang biak turun temurun cukup lama, padahal mitos tersebut adalah belum tentu benar, bahwa tidak semua keluhan yang berupa nyeri sendi disebabkan oleh asam urat. Salah kaprah tersebut diperparah dengan banyaknya iklan-iklan jamu atau obat tradisional tentang penawar asam urat.

penyakit asam urat

Asam urat – Ist

Jenis penyakit rematik itu banyak, dan tidak semua keluhan nyeri pada sendi atau istilah lainnya bengkak itu berarti asam urat. Dan untuk memastikannya diperlukan pemeriksanaan secara laboratorium.

Lalu, apa asam urat itu ?

Jadi yang dimaksud dengan asam urat adalah asam yang berbentuk Kristal yang merupakan proses daripada hasil akhir dari metabolism purin, yaitu salah satu komponen asam nukleat yang ada pada inti sel tubuh. Purin sangat banyak dan dijumpai pada semua makanan dari sel hidup yaitu makanan dari nabati seperti sayur-sayuran, buah-buahan kacang-kacangan ataupun pada hewani seperti daging, jeroan, ikan instant.

Asam urat pada tumbuh kita sebaiknya kadarnya tidak berlebihan, karena hampir semua orang memilik asam urat di dalam tubuhnya. Biang keladinya asam urat adalah makanan dan atau senyawa lain yang mengandung Purin tersebut. Pada hakekatnya tubuh menyediakan 85 persen senyawa Purin untuk kebutuhan sehari-hari.

Akan tetapi informasi yang penting ini belum diketahui oleh masyarakat luas, yang berakibat orang-orang dalam hal makanan disantap semua tanpa peduli dengan kandungan makanan di dalamnya tersebut. Jika tidak memperdulikan makanan yang ternyata mengandung Purin, maka berakibat terkena asam urat.

Ada dua golongan penyakit asam urat, yaitu

  • Penyakit gout primer, jenis penyakit ini 99 persen belum diketahui karena faktor genentik dan faktor hormonal yang menyebabkan metobolismenya dapat meningkatkan produksi asama urat.(perlu diteliti lebih lanjut)
  • Penyakit gout sekunder, disebabkan karena meningkatnya produksi asam urat karena terlalu banyaknya nutrisi yaitu mengkonsumsi makanan dengan kadar Purin yang tinggi.

Demikianlah seklumit penyakit asam urat dan perlu diketahui bahwa hampir setiap orang mempunyai penyakit jenis ini. Semoga bermanfaat.

 

Comment di sini