7 Bahaya yang Bisa Muncul Akibat Mewarnai Rambut

by
October 15th, 2014 at 1:18 pm

CiriCara.com – Mewarnai rambut sudah menjadi salah satu cara untuk tampil cantik bagi sejumlah wanita. Sebagai mahkota para wanita, rambut tentunya menjadi salah satu faktor kecantikan. Tak heran banyak yang mewarnai rambut mereka agar terlihat cantik.

mengecat rambut

Mewarnai rambut – Ist

Saat ini banyak sekali wanita yang memilih untuk mewarnai rambutnya. Ada yang mewarnai rambut karena ingin tampil lebih cantik, namun ada juga yang mewarnai rambut hanya untuk menutupi masalah rambut yang mulai beruban.

Apakah Anda juga suka mewarnai rambut? Jika iya, sebaiknya Anda ketahui dulu risiko atau efek buruk yang bisa saja terjadi akibat mewarnai rambut. Seperti yang diungkap Mag For Women, sedikitnya ada 7 risiko dari mewarnai rambut.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari Merdeka.com:

1. Bisa menimbulkan alergi

Beberapa produk pewarna rambut ternyata bisa memunculkan reaksi alergi pada tubuh Anda. Hal ini karena biasanya pewarna rambut mengandung bahan kimia tertentu yang bisa memicu alergi pada orang tertentu. Pastikan Anda sudah melakukan tes terlebih dulu sebelum memakainya.

2. Menyebabkan iritasi kulit

Produk pewarna rambut yang beredar di pasaran, ternyata ada yang berisiko menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Biasanya efek yang muncul adalah kulit terasa gatal, luka, dan muncul sensasi terbakar di kulit kepala. Ada juga pewarna rambut yang bisa menyebabkan iritasi dan kemerahan di mata.

3. Gangguan hormonal

Beberapa produk pewarna rambut kimia ternyata mengandung etoksilat alkylphenol (APE), yang ditemukan di spermisida dan pestisida. Bahan kimia tersebut berisiko dapat memicu gangguan hormonal dalam tubuh di pengguna.

4. Kanker payudara

Bahan para-phenylenediamine (PPED) yang terkandung di sebagian besar produk pewarna rambut kimia, ternyata bisa memicu munculnya penyakit kanker payudara. Senyawa ini bisa menjadi karsinoenik pada payudara.

5. Kanker pada anak

Seorang wanita yang menggunakan pewarna rambut sesaat sebelum pembuahan atau selama kehamilan, kemungkinan anaknya terkena kanker 10 kali lebih besar. Jadi, sebaiknya Anda hindari memakai pewarna rambut jika akan atau selama hamil.

warna rambut

Mewarnai rambut – Ist

6. Penyakit hodgkins

Menurut sebuah penelitian, penggunaan rutin pewarna rambut kimia berisiko menyebabkan penyakit Hodgkins. Penyakit Hodgkins sendiri merupakan jenis lain dari kanker getah bening, dan multiple myeloma.

7. Penyakit limfoma

Mereka yang sering memakai pewarna rambut kimia lebih berisiko terkena limfoma non-Hodgkin, kanker yang menyerang sistem limfatik, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Kegiatan mewarnai rambut memang terlihat sederhana. Namun Anda tidak boleh memilih produk pewarna rambut sembarangan. Pastikan pewarna rambut yang Anda pilih itu aman dan sudah teruji oleh para ahli. Semoga bermanfaat!!

(YG)

Comment di sini