Tips Merawat Gadget Layar Sentuh

by
October 15th, 2014 at 8:22 am

CiriCara.com – Dewasa ini sedang booming produk gadget smartphone yang mempunyai layar sentuh atau touchscreen. Fitur canggih ini memperlukan perhatian khusus pada layar sentuhnya agar penggunaannya lebih tahan lama, karena teknologi layar sentuh sangat berbeda dengan layar biasa.

layar sentuh

Layar sentuh smartphone – Ist

Jika kita memiliki gadget smartphone atau handphone layar sentuh diwajibkan mengetahui cara atau tips yang bisa menjaga agar handphone kita tidak cepat rusak dan tidak bisa dipakai kembali. Ada beberapa tips cara perawatan gadget layar sentuh agar awet sepanjang masa, yaitu:

1. Diusahakan jangan pernah paparkan secara langsung gadget touchscreen pada sinar matahari. Pada saat kita memegang atau mengeluarkan gadget layar sentuh sebaiknya dijauhkan dari paparan sinar matahari yang terik dan menyengat, karena dapat menyebabkan rusaknya kualitas layar LCD. Paparan sinar matahari ini mengandung sinar ultraviolet yang sangat tinggi dan membikin rusaknya komponen-komponen penting dalam LCD, dan carilah ruang yang teduh bila kita terpaksa mengeluarkan gadget.

2. Diusahakan jangan simpan gadget di kantong celana. Menyimpang gadget di saku celana merupakan cara yang mudah, tidak ribet dan praktis pada saat kita bepergian. Menyimpan gadget di saku celana tanpa pelindung LCD (Gorilla Glas=pelindung layar sentuh), akan menjadi masalah karena lama kelamaan bisa merusak layar LCD. Pastikan apabila kita menyimpan gadget di saku celana tetapi diberi pelindung agar tidak tergores.

3. Gunakan jari kita dengan baik. Penggunaan jari pada layar sentuh akan menjadikan gadget kita awet. Diusahakan jangan menggunakan selain jari tangan seperti kuku untuk mengoperasikan gadget, karena bisa merusak pada layar sentuh tersebut.

4. Jangan menekan layar gadget secara keras seperti halnya kita menggunakan handphone biasa, dan hanya sentuhan yang ringan saja pada gadget jenis ini. Dengan sentuhan ringan pun perintah kita secara cepat akan dieksekusi dengan baik.

5. Jangan dekatkan handphone layar sentuh dengan benda yang mengandung magnet. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari resiko kerusakan. Benda yang mengandung magnet seperti Televisi atau radio mempunyai radiasi dan medan magnit cukup tinggi sehingga sensitifitasnya handphone layar sentuh tersebut berkurang.

Jadi demikianlah lima cara atau tips merawat gadget layar sentuh. Semoga bermanfaat.

Comment di sini