4 Buah Kering Yang Kaya Manfaat

by
October 16th, 2014 at 8:27 am

CiriCara.com – Kesibukan sehari-hari terkadang membuat kita lupa untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran atau buah-buahan. Selain itu, olahan sayur dan buah-buahan yang dibawa ke tempat aktifitas memang nampak merepotkan, membuat kita sering kali malas untuk membawa bekal tersebut. Alhasil, kita lebih sering jajan diluar ketimbang membawa bekal makanan sehat olahan sendiri yang sudah jelas gizinya.

buah kering

Buah kering – Ist

Kalau Anda merasa kesulitan untuk mengkonsumsi makanan sehat, tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi buah-buahan yang dikeringkan. Selain lebih praktis untuk dibawa, olahan tidak merepotkan, ternyata beberapa buah kering yang akan kita ulas mempunyai manfaat yang besar bagi tubuh.

Anda pengin tahu, 4 buah kering yang mempunyai khasiat besar untuk kesehatan tubuh?
Ini dia…

1. Ceri

Riset menunjukkan, ceri merupakan cemilan baik yang bisa dikonsumsi sebelum tidur. Ceri yang dikeringkan mengandung banyak melatonin yang membantu Anda untuk cepat tidur. Menurut riset dari Michigan State University, memakan 20 buah ceri yang dikeringkan sebelum tidur dapat mempercepat tidur, bahkan bagi yang terkena Insomnia. Beberapa penelitian juga menyebutkan makan lebih dari 45 buah ceri kering dapat meredakan sakit arthritis atau radang sendi.

2. Kismis

Cemilan lengket dan super manis ini semula diduga sebagai penyebab gigi berlubang, tetapi riset terkini yang dilakukan di University of Illionis mengungkapkan kebalikannya. Kismis justru mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi. Kismis merupakan sumber oleanolic acid makanan, yang melindungi email gigi dan jaringan gusi dengan scrub timbunan plak, bahkan juga bisa mencegah plak menempel di gigi. Kismis yang dikeringkan juga mengandung senyawa-senyawa antibakteri yang mencegah, gingivitis, sejenis penyakit inflammatory gusi yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke karena kuman di dalam gusi dapat mencari jalan masuk ke dalam aliran darah.

kurma / Ist

kurma / Ist

3. Kurma

Permen alamiah ini tidak hanya manis, namun juga bisa meredakan stres dan membantu melenturkan otot tegang. Kurma mengandung rasio yang hampir seimbang kalsium dan magnesium, yang bekerja secara harmonis untuk menenangkan sistem saraf. Satu genggam kurma kering dapat meningkatkan potassium (yang mengatur denyut jantung dan pernapasan) dibaning sebuah pisang. Beberapa riset di negara asing juga menyebutkan kurma memiliki antioksidan tertinggi dibanding buah kering manapun.

4. Craisin/ Cranberry

Cranberry mengandung phytonutrient ajaib yang terbukti membunuh bakteri. Sayangnya, kita sulit makan cranberry karena rasanya terlalu asam. Jus cranberry hanya mengandung sedikit cranberry riil dan terlalu banyak gula sehingga kurang memberikan khasiat yang maksimal.

Pilihan yang lebih baik adalah craisin (cranberry yang dikeringkan). Sebuah studi menunjukkan, hanya makan 1/3 cup buah enak ini per hari dapat melindungi Anda dari bakteri, termasuk strain yang kebal obat, penyebab ulcer, infeksi saluran kemih, plak arterial, infeksi staph, bahkan gigi berlubang. Studi-studi terdahulu menunjukkan, makan setiap hari bahkan dapat membantu mencegah resiko kanker.

Comment di sini