Cara Membuat Kue Putu Bambu

by
October 16th, 2014 at 11:20 am

CiriCara.comKue putu ada bermacam-macam, salah satunya adalah kue putu bambu atau biasa juga disebut kue putu aren bambu. Jajanan yang satu ini merupakan salah satu kuliner tradisional dari Indonesia. Mungkin Anda sudah penah menyantapnya waktu kecil?

kue putu bambu yang enak

Kue Putu Bambu – Ist

Biasanya, putu bambu ini dijajakan oleh penjual keliling. Bunyi seperti bunyi peluit yang berasal dari alat pengukus kue putu bambu menjadi salah satu ciri khas dari kuliner yang satu ini. Setiap kali mendengar bunyi tersebut, Anda dengan mudah mengetahui penjual kue putu bambu tengah lewat.

Namun sayangnya, penjual kue putu bambu keliling saat ini sudah sangat jarang. Apalagi di kota-kota besar, seperti Jakarta, sangat susah untuk menemukan penjual yang menjajakan makanan tradisional ini.

Tapi jangan khawatir, buat Anda yang ingin bernostalgia atau ingin mengenalkan jajanan jaman dulu ke anak atau keponakan, berikut ada panduan cara membuat kue putu aren bambu. Langsung saja simak baik-baik!

Resep Kue Putu Aren Bambu

Bahan:
- 800 gram tepung beras
- 600 ml air
- 6 lembar daun pandan
- 1 sendok teh garam
- 250 gram gula merah (gula jawa), sisir terlebih dahulu
- Cetakan bambu

Bahan taburan:
- 300 gram kelapa parut (usahakan jangan yang terlalu tua atau terlalu muda agar gurih)
- 1 sendok teh garam
- Campur kelapa parut tadi dengan garam, aduk rata, lalu kukus hingga matang.

Cara membuat:
1. Campur air dengan garam dan daun pandan. Rebus sampai mendidih, angkat, biarkan agar menjadi hangat.

2. Masukkan tepung beras ke sebuah wadah. Tuangkan air rebusan pandan tadi, sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Anda bisa mengaduknya langsung dengan tangan, tapi pastikan tangan Anda bersih.

3. Saring adonan sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi halus. Pakai saringan kasar agar lebih mudah.

4. Masukkan adonan tadi ke dalam cetakan bambu (boleh juga cetakan lain, yang peting bentuknya silinder). Tapi, alasi dulu lubang bawah bambu dengan menggunakan daun pisang atau daun pandan.

kue putu bambu masih hangat

Kue Putu Bambu – Ist

5. Isi cetakan bambu dengan adonan sampai ke tengah, jangan penuh. Lalu masukkan irisan gula merah secukupnya, kemudian tambahkan adonan di atasnya hingga cetakan penuh, ratakan.

6. Kukus cetakkan yang sudah diisi adonan tadi dengan posisi berdiri. Agar cepat matang, posisikan cetakkan berada di tengah-tengah lubang kukusan. Tunggu sekitar 10 menit, angkat dan keluarkan kue dari cetakkan dengan cara didorong dari salah satu ujungnya.

7. Sajikan kue putu bambu yang sudah matang di atas piring saji lalu taburi dengan parutan kelapa, bisa juga tambahkan sedikit taburan gula pasir. Kue putu bambu siap untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

Selamat mencoba!

(YG)

Comment di sini