Cara Memenuhi Nutrisi untuk Ibu Hamil

by
October 17th, 2014 at 11:27 am

CiriCara.com – Kebanyakan orang mengira bahwa ibu hamil harus makan sebanyak porsi untuk dua orang. Padahal, anggapan tersebut tidak selalu benar. Karena yang terpenting adalah kecukupan nutrisi bukan jumlah makanan yang dikonsumsi ibu hamil.

ibu hamil

Nutrisi untuk ibu hamil – Ist

Agar janin bisa tumbuh sehat dan normal, ibu hamil tentu harus memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Caranya tentu dengan menkonsumsi makanan-makanan yang baik untuk janin dan juga kesehatan ibu hamil sendiri.

Namun, kebanyakan ibu hamil mengaku khawatir nutrisi pada janin tidak terpenuh karena sering mual saat makan atau di pagi hari. Masalah mual-mual ini juga yang membuat ibu hamil jadi malas makan.

Padahal, menurut Dr Shilpa Mittai, ahli nutrisi dan konsultan diet menyebutkan bahwa ibu hamil membutuhkan 300 Kcal ekstra kalori, 15 gram ekstra protein, 600 miligram ekstra kalsium, dan 8 miligram ekstra zat besi.

Nah, untuk membantu para ibu mencukupi nutrisi selama masa kehamilannya, berikut ada beberapa cara yang bisa dicoba:

1. Metode ngemil

Masalah mual pada ibu hamil jelas sangat mengganggu. Untuk mengatasinya, Anda bisa terapkan metode ngemil, makan dengan porsi yang lebih kecil tapi berkali-kali. Cara ini ampuh untuk mencegah rasa mual. Tentunya, makanan yang dikonsumsi pun harus bernutrisi.

2. Makanan sehat

Makan sehat untuk ibu hamil adalah makanan yang mengandung banyak protein, kalsium, dan riboflavin. Dengan menkonsumsi makanan sehat, nutrisi ibu hamil bisa terpenuhi. Misalnya, Anda bisa meminum susu atau menkonsumsi kecambah saat masa kehamilan.

3. Makanan hewani

Untuk ibu hamil yang tidak vegetarian disarankan untuk menkonsumsi telur, ikan, atau daging ayam dua kali seminggu. Makanan-makanan tersebut akan sangat membantu para ibu hamil dalam mencukupi kebutuhan nutrisi untuk janinnya.

ibu hamil

Ibu hamil – Ist

4. Buah dan sayur

Untuk buah, ibu hamil disarankan menkonsumsi pisang, satu jenis buah asam seperti jeruk atau lemon, dan satu buah musiman. Selain bernutrisi, buah-buahan ini juga akan membuat tubuh ibu hamil jadi lebih segar dan kuat.

Untuk sayur, ibu hamil disarankan menkonsumsi tiga mangkuk atau minimal satu porsi salad setiap hari. Sayur yang dipilih untuk jadi salad diutamakan yang berdaun hijau.

5. Konsumsi sereal

Buat ibu hamil yang suka ngemil, Anda bisa menkonsumsi sereal yang menyehatkan. Utamakan pilih sereal yang mengandung biji-bijian dan gandum utuh. Jika masih bingung, Anda bisa konsultasikan dulu ke dokter, sereal mana yang cocok untuk Anda.

Itulah lima cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada ibu hamil yang bisa Anda coba. Jika nutrisi terpenuhi, ibu hamil bisa tetap sehat dan tentunya pertumbuhan si buah hati pun tidak akan terhambat dan bayi bisa lahir normal.

(YG)

Comment di sini