Tips Memilih Sepatu Olahraga

by
October 20th, 2014 at 9:56 am

CiriCara.com – Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh merupakan kebutuhan setiap manusia. Banyak cara dilakukan dari mengkonsumsi makanan sehat, membiasakan pola hidup sehat sampai olahraga. Pilihan olahragapun bermacam-macam, seperti lari, sepak bola, tenis, berenang dan lain-lain, semuanya mempunyai tujuan yang sama, untuk menjaga kebugaran dan keseimbangan kesehatan tubuh kita.

sepatu olahraga

Memilih sepatu olahraga – Ist

Dalam berolahraga, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, salah satunya adalah pemilihan media untuk olahraga. Ya, salah satunya adalah sepatu olahraga. Sepatu olahraga yang kita kenakan haruslah nyaman, sesuai dengan kebutuhan olahraga kita dan pastinya tidak membuat kaki semakin menderita kesakitan sesudah berolahraga. Maka dari itu, dalam memilih sepatu untuk berolahraga harus tepat.

Berikut tips memilih sepatu olahraga, agar olahraga Anda semakin maksimal dengan pemilihan sepatu yang tepat:

1. Carilah sepatu olahraga di toko yang memang khusus menjual perlengkapan dan peralatan olahraga. Penjaga toko biasanya akan membantu memberikan Anda saran untuk sepatu yang cocok dan sesuai dengan bentuk kaki. Setiap orang memiliki bentuk kaki yang berbeda dan ukuran kaki berbeda dari orang lain. Untuk keperluan olahraga, biasanya penjaga toko sepatu olah raga juga akan meng-analisisa hasil lari atau jalan calon pembeli di atas treadmill.

2. Ketika akan mencari atau memilih sepatu usahakan di waktu sore hari. Karena sore atau malam hari, kaki Anda cenderung mengalami pembesaran setelah beraktifitas seharian. Sehingga Anda bisa mengepas dengan baik ukuran sepatu dan kaki Anda.

3. Bawalah sepatu lama Anda ke toko sepatu olah raga. Sepatu lama dapat menunjukkan kebiasaan olahraga apa yang sering dilakukan dan pola-pola yang terbentuk pada sepatu. Margart Buehler seorang ahli sepatu olah raga mengatakan bahwa pola-pola pemakaian di sol sepatu lama dapat memberikan petunjuk bagaimana kaki seseorrang menginjak dan hal ini tentunya akan sangat membantu kita untuk menemukan sepatu baru lebih sesuai.

4. Pilih sepatu dengan tali sepatu yang baik. Tali sepatu yang baik, mampu mengikat sepatu dengan kuat.

5. Ingat juga untuk tidak terpaku pada satu ukuran sepatu, contohnya jika Anda seorang wanita dan biasanya menggunakan sepatu high heel nomor 39, sepatu olahraga yang cocok untuk Anda berarti nomor 38.

6. Yang terakhir, perhatikan juga waktu penggantian sepatu. Jika Anda menggunakan sepatu yang sama terus setiap harinya, usahakan diganti setiap 5 bulan sekali. Sebab, bisa dipastikan sol sepatu akan sobek. Bila itu terjadi, sepatu tidak akan nyaman lagi ketika digunakan.

Itu dia beberapa tips pemilihan sepatu agar dapat mengoptimalkan aktifitas olahraga Anda. Semoga bermanfaat.

Comment di sini