Cara Aman dan Nyaman Berkendara di Jalan Raya

by
October 21st, 2014 at 11:27 am

CiriCara.com – Kecelakaan lalu lintas ternyata menjadi penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia. Itu artinya, masih banyak masyarakat Indonesia yang lalai dengan standar keamanan dalam berkendara di jalan raya. Bagaimana dengan kamu?

patuh rambu lalu lintas

Cara aman berkendara mobil dan motor – Ist

Jalan raya saat ini sudah menjadi salah satu tempat yang “mematikan”. Menurut berbagai sumber, ada lebih dari 1 kecelakaan yang terjadi setiap harinya, entah itu mengakibatkan korban mengalami luka-luka maupun korban meninggal dunia.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa gaya berkendara orang Indonesia itu belum sepenuhnya benar. Masih butuh pembelajaran dan kepatuhan agar terciptanya lalu lintas yang bebas macet dan aman.

Untuk sekadar mengingatkan, berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para pengendara saat melaju di jalan raya:

1. Patuhi rambu lalu lintas

Rambu lalu lintas yang barada di pinggir jalan itu bukan hanya untuk pajangan, tapi juga untuk dipatuhi. Rambu lalu lintas dibuat untuk membuat pengendara tetap aman. Contohnya, rambu batas kecepatan maksimal. Jika kamu tidak mematuhi batas kecepatan tersebut, bisa saja kan kamu mengalami kecelakaan karena tidak sempat ngerem?

2. Selalu waspada

Berkendara tidak boleh sambil bengong, nelepon, atau bahkan SMS/BBM-an. Kamu harus tetap waspada saat berkendara. Perhatikan kondisi jalan yang akan dilewati, dan selalu menengok kanan-kiri sebelum menyalip atau berpindah jalur.

3. Atur kecepatan

Walaupun ingin cepat sampai tempat tujuan, kamu tetap harus mengatur kecepatan kendaraan dengan pelan, terutama saat hujan. Kalau kamu mau ngebut atau adu kecepatan, itu bukan di jalan raya, tapi di lintasan balap. Dengan melaju pelan, kamu juga bisa lebih siap jika harus melakukan rem mendadak.

zona aman

Zona aman – Ist

4. Zona aman

Atur jarak kendaraan kamu dengan kendaraan yang ada di depan supaya tetap aman. Hal ini bertujuan untuk mencegah tabrakan jika kendaraan di depan melakukan pengereman mendadak. Untuk itu, tetap berada di zona aman saat berkendara.

5. Pakai pengaman

Untuk pengendara mobil diwajibkan memakai sabuk pengaman. Untuk pengendara sepeda motor diwajibkan untuk memakai helm, jaket, dan alat pengaman lainnya. Alat pengaman ini lah tameng terakhir kita jika terjadi kecelakaan di jalan raya.

Saat berkendara pastikan kamu dalam kondisi sadar, tidak mabuk, mengantuk, atau bahkan memakai narkoba. Mari kita ciptakan lalu lintas yang aman dan nyaman untuk semua pengendara.

(YG)

Comment di sini