Cara Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

by
October 21st, 2014 at 10:26 am

CiriCara.com – Bahasa Inggris sudah dianggap sebagai bahasa universal. Tidak hanya untuk berkomunikasi saat pergi ke luar negeri, bahasa Inggris juga berguna untuk mengoperasikan perangkat elektronik sehari-hari, seperti smartphone, laptop, dan perangkat canggih lainnya.

bahasa inggris

Belajar bahasa inggris – Ist

Saat ini di sekolah-sekolah di Tanah Air memang sudah diajarkan pelajaran bahasa Inggris. Namun kenyataannya masih banyak masyarakat yang belum begitu menguasai bahasa Inggris atau bahkan sama sekali tidak mengerti bahasa Inggris.

Tidak hanya belajar di sekolah, ikut kursus, atau pergi ke luar negeri, sebenarnya kamu masih bisa kok mempelajari bahasa Inggris sendiri. Hanya butuh ketelatenan dan niat yang kuat agar kamu bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik.

Berikut ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu:

1. Banyak membaca

Kamu bisa mengasah kemampuan bahasa Inggris kamu dengan membaca. Jika kamu suka berita selebriti, majalah atau situs online berbahasa Inggris bisa jadi media belajar yang tepat. Jika ingin yang sedikit menghibur, kamu bisa baca komik bahasa Inggris.

Awalnya mungkin akan sulit, tapi percayalah bahwa lama kelamaan kamu bakalan terbiasa dan akan mulai memahami garis besar dari berita atau komik bahasa Inggris yang dibaca. Karenanya, kamu nggak boleh gampang nyerah.

2. Banyak mendengar

Setelah membaca, sekarang saatnya kamu belajar mendengar bahasa Inggris. Caranya kamu bisa menonton film yang percakapannya menggunakan bahasa Inggris tanpa terus terfokus pada teks-nya. Lama kelamaan, pendengaran kamu bakalan lebih peka dan kamu bisa tahu kata apa yang diucapkan tokoh dalam film tersebut.

3. Membuat tulisan

Setelah memahami tulisan dan ucapan bahasa Inggris dari orang lain, sekarang saatnya kamu belajar membuat tulisan kamu sendiri dalam bahasa Inggris. Misalnya, kamu bisa buat status di Facebook/Twitter dengan bahasa Inggris. Atau kamu juga bisa chating dengan seseorang yang jago bahasa Inggris. Tidak masalah jika salah, namanya juga lagi belajar.

CiriCara: 5 Cara Jitu Memulai Pembicaraan dengan Lawan Jenis4. Praktek berbicara

Percuma punya tata bahasa yang bagus jika tidak pernah dipraktekan. Usahakan untuk mempraktekan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Minimal kamu bisa hapal semua bahasa Inggris dari alat-alat yang biasa kamu gunakan setiap hari.

5. Main game

Jika kamu merasa bosan belajar bahasa Inggris secara formal, kamu bisa belajar dengan cara main game, seperti game online misalnya. Selain bisa menambah kosa kata baru, dengan bermain game online kamu juga bisa berkomunikasi dengan pemain dari seluruh dunia, tentunya dengan bahasa Inggris.

Semua cara di atas akan percuma, jika kamu tidak memiliki kemauan dan tekad yang kuat untuk belajar bahasa Inggris. Untuk itu, pastikan dulu bahwa kamu memang benar-benar ingin bisa bahasa Inggris.

(YG)

Comment di sini