Sering Migrain? Cegah dengan Cara Ini

by
October 22nd, 2014 at 11:19 am

CiriCara.com – Migrain atau sakit kepala sebelah sudah menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sering menyerang banyak orang. Bahkan, beberapa diantaranya mengaku hampir setiap hari mengalami migrain. Apakah Anda juga sering mengalaminya?

sakit migrain

Migrain – Ist

Bagi penderita, migrain jelas sangat mengganggu dalam beraktivitas. Pikiran Anda jadi tidak bisa fokus dan pada akhirnya pekerjaan pun akan terbengkalai. Karena rasa pusing akibat migrain ini akan semakin berat terutama jika Anda terlalu banyak pikiran.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati migrain. Namun sebelum migrain terjadi, ada baiknya jika Anda melakukan tindakan pencegahan terlebih dahulu. Dengan demikian aktivitas Anda bisa lancar tanpa takut terkena migrain.

Langsung saja simak cara mencegahnya berikut ini:

1. Hidup yang terjadwal

Migrain sering muncul karena perubahan pola hidup yang mendadak. Untuk itu, penting bagi Anda menjalani hidup dengan terjadwal agar tubuh dan pikiran tidak kaget. Seperti, tidur di waktu yang sama setiap hari, bangun di waktu yang sama, dan makan teratur.

2. Cukupi nutrisi tubuh

Migrain juga bisa disebabkan akibat tubuh yang kekurangan nutrisi. Misalnya, saat Anda kurang minum, tubuh akan mengalami dehidrasi dan akan memberikan respon negatif pada otak sehingga munculah migrain. Untuk itu cukupi nutrisi tubuh dengan makan dan minum.

3. Pilih jenis makanan

Ternyata beberapa jenis makanan bisa menyebabkan migrain, setiap orang berbeda-beda. Nah, bagi Anda yang sering mengalami migrain, coba teliti lagi kira-kira makanan apa yang menyebabkan migrain. Biasanya makanan itu mengandung zat kimia bernama tyramine.

Stress4. Olahraga ringan

Olahraga di pagi hari ternyata bisa mencegah terjadinya migrain. Namun olahraga ini juga bisa menyebabkan migrain. Hal ini terjadi jika kita olahraga terlalu keras, terlalu cepat, atau sampai dehidrasi. Untuk itu disarankan olahraga ringan saja setiap pagi.

5. Kurangi stres

Stres akibat pekerjaan ternyata juga bisa mengakibatkan migrain. Untuk itu Anda harus mengurangi tingkat stres mulai dari sekarang. Caranya bisa dengan meditasi, olahraga, melakukan hobi, konsultasi ke psikolog, atau bisa juga dengan makan.

Itulah beberapa cara untuk mencegah migrain agar tidak terlalu sering terjadi. Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini