Tegal, Kuliner dan Wisatanya

by
October 22nd, 2014 at 1:30 pm

CiriCara.com – Kabupaten Tegal, atau Tegal berasal dari nama Tetegal yang berarti tanah yang subur yang mampu menghasilkan tanaman pertanian. Sumber lain mengatakan bahwa Tegal berasal dari kata Teteguall, nama sebutan yang diberikan oleh pedagang dari Portugis bernama Tome Pires yang pernah singgah di Pelabuhan Tegal sekitar tahun 1500-an.

tegal

Tegal Laka-Laka “Teh Poci” – Ist

Kabupaten Tegal berdiri sejak tanggal 18 Mei 1601 oleh Ki Gede Sebayu yang bersamaan diangkatnya beliau sebagai juru demung oleh Sultan Mataram pada waktu itu.

Wisata

Dalam hal parwisata Kabupaten Tegal memiliki tempat wisata yang menarik dan eksotik, seperti:

  1. Pemandian Air Panas Guci yang terletak di Kecamatan Bumijawa tepatnya di lereng Gunung Slamet, sekitar 30 km dari ibukota Tegal.
  2. Pantai Purwahamba Indah (Pur’in) terletak di Kecamatan Suradadi pas di tepi jalan Pantura.
  3. Waduk Cacaban, lokasinya di Kecamatan Kedungbanteng
  4. Gunung Sitanjung, lokasinya di Kecamatan Lebaksiu yang merupakan tempat sakral di hari-hari Jawa maupun Islam.
  5. Jembatan Gantung, lokasinya di Bendungan Kali Gung yang berdekatan dengan makam Pendiri Kabupaten Tegal.
  6. Surau Ponolawen, merupakan wisata religi dan di surau tersebut terdapat makam keramat yaitu makam seorang penyebar agama Islam pertama di daerah tersebut, lokasinya di desa Pagianten Kecamatan Adiwerna.
  7. Slutu Mlaku, merupakan agrowisata berupa areal pesawahan yang menyediakan aneka macam makanan khas Kedungsukun. Disamping menikmati makanan khas juga menikmati suasana udara yang sejuk di areal pesawahan tersebut.

Makanan Kuliner Asli Tegal

guci tegal

Ist

Rasanya tidak istimewa kalau para pembaca tidak mampir di Tegal ini, memang Tegal terkenal dengan Wartegnya, tetapi selain makanan khas Warteg juga beberapa hal yang perlu di ketahui seperti:

  1. Teh poci khas Tegal, dengan brand Wasgitel (wangi, sepet, legi dan kentel) yaitu menu minum teh poci dalam poci tanah liat dan diminum dengan gula batu. Walaupun di Tegal tidak ada tanaman tehnya tetapi Tegal saat sekarang dikenal sebagai sentra penghasil teh yang diolah dari pabrik.
  2. Kupat sambel tahu lengko, makanan khas Tegal ini terbuat dari beras alami yang dibungkus dengan daun kelapa, kemudian dicampur dengan tauge, potongan tahu dan disiram sambal kacang ekstra pedas dan ditaburi bawang goreng dan ditaburi bawang goreng plus kerupuk mie kuning.
  3. Mendoan, tempe goreng dilapisi tepung dengan bumbu, kemudian digoreng setengah matang. Biasanya teman minum Teh Poci, dihidangkan dengan kecap plus cabe rawit.
  4. Nasi Lengko, nasi dengan bahan pelengkapnya seperti tempe, tahu yang diiris dadu, tauge, kol mentah dan sambal plus krupuk.
  5. Rujak teplak, sejenis makanan pecel dengan sambal tapenya.
  6. Soto Tegal, menunya terdiri dari bumbu tauco dan tauge, yang terkenal adalah Soto Sedap Malam, Soto Amir
  7. Pilus, makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu.
  8. Kacang Asin Bogares, makanan ringan berupa kacang yang berasal dari desa Bogares Kidul Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal.
  9. Opak, makanan yang berbentuk bundar tipis terbuat dari singkong yang dimakan beserta sambal.

Demikian pemaparan dari Tegal, kuliner dan wisatanya, sebenarnya masih banyak jenis makanan kuliner yang terkenal di Tegal, kalaupun masih penasaran dengan Tegal, monggo silahkan mampir.

 

Comment di sini