Tips Mengelola Gaji dengan Baik

by
October 22nd, 2014 at 11:27 am

CiriCara.com – Hai pembaca CiriCara…

Ist

Ist

Buat kamu yang sudah bekerja dan memiliki gaji setiap bulannya, tentunya gajian adalah moment yang sudah sangat dinanti-nanti. Setuju nggak? Tapi… pernah nggak sih kamu menemukan kesulitan ketika ingin mengelola gaji kamu?

Seringkali sehabis gajian, orang-orang terbuai dan menggunakannya untuk foya-foya, mulai dari makan di restaurant mewah, beli gadget keluaran terbaru biar ga kalah gaul, shopping sepuasnya, dan seterusnya.

Buat kamu yang ga biasa nabung, bisa-bisa kamu malah kesulitan di pertengahan bulan berikutnya. Kalau udah gitu, sisa disesali aja deh perbuatan foya-foya dan menunggu tanggal gajian berikutnya.

Sebelum mengalami hal demikian, ataupun terulang hal demikian, mendingan kamu mulai deh mengelola gaji kamu. Gimana sih caranya???

1. Buat perencanaan. Alangkah baiknya jika kamu selalu membuat rencana pengeluaran kamu untuk 1 bulan ke depan, sebelum kamu gajian. Misalnya, berapa rupiah untuk kebutuhan sehari-hari, berapa untuk bayar tagihan, berapa untuk pergaulan, dan sebagainya. Dengan membuat rencana pengeluaran 1 bulan ke depan, kamu akan tahu berapa jumlah kebutuhan kamu, apa saja kebutuhanmu, dan tentunya, berapa nominal yang bisa dihemat.

2. Selalu catat secara detail semua uang yang kamu keluarkan untuk membeli barang ataupun membayar jasa. Memangnya buat apa? Mencatat detail akan membantu kamu untuk mengetahui berapa jumlah pengeluaran kamu setiap bulannya.

3. Buatlah 3 rekening tabungan, for living, playing, dan saving. Tabungan living bisa kamu pakai untuk membiayai kebutuhan kamu sehari-hari, mulai dari bayar tagihan bulanan, makanan minuman, biaya transportasi setiap bulan, pulsa, dan sebagainya. Tabungan playing berguna untuk membudgetkan berapa nominal yang kamu sediakan untuk hiburan dan bersenang-senang, misalnya untuk nonton bioskop, hang-out bareng teman-teman, pergi liburan, dan sebagainya. Sedangkan tabungan saving tujuannya untuk memastikan kamu tetap menabung untuk biaya masa depan ataupun jika tiba-tiba ada keperluan mendadak seperti sakit dan lain-lain.

4. Mengontrol diri. Walaupun sudah buat perencanaan matang, mencatat, dan membagi gaji ke dalam 3 tabungan, yang terpenting adalah kamu harus bisa mengontrol dirimu untuk sesuai pada semua perencanaan tersebut. Pastikan dirimu mematuhinya, jangan sampai kamu tergoda karena melihat suatu barang baru atau ajakan teman, sehingga kamu terpaksa menggunakan tabungan savingmu. Kalau sudah begitu, gajimu tetap akan ludes tiba-tiba.

Bagaimana, pembaca CiriCara? Siap untuk menjalaninya?
Semoga berhasil!

Comment di sini