Agrowisata Kaligua Kebanggaan Masyarakat Brebes

by
October 23rd, 2014 at 10:54 am

CiriCara.com – Mungkin sebagian orang bahwa Brebes dikenal hanya sebagai kota penghasil telor bebek atau produksi pertanian bawang merah saja terbesar di kota tersebut. Tetapi ada wisata lain yang cukup bagus untuk dikembangkan yaitu Agrowisata Kaligua Brebes. Wisata ini letaknya di dataran tinggi perkebunan Teh yang berlokasi di desa Pandansari Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

wisata di kaligua

Kaligua, Brebes – Ist

Agrowisata Kaligua ini dikelola oleh perusahaan terbatas (PT) Perkebunanan Nusantara IX Jawa Tengah yang merupakan diverifikasi usaha dengan tujuan untuk meningkatkan optimalisasi asset perusahaan dengan daya yang didukung oleh alam yang indah dan eksotik.

Dan hasil pengelolaan dan pengolahan perkebunan teh tersebut berupa produk hilir teh hitam (black tea) dengan brand yaitu “Kaligua”, dan kemasan produk teh tersebut berupa teh celup dan serbuk. Hal tersebut merupakan kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh perusahaan tersebut, bila wisatawan lokal atau luar negeri dapat berkunjung di kawasan tersebut sekaligus menikmati rasa khasnya teh hitam produk Kaligua atau bila tidak dikonsumsi secara langsung boleh saja dijadikan buah tangan.

Akses Jalan Darat

Agrowisata Kaligua terletak 10 kilometer dari arah Kecamatan Paguyangan, 15 kilometer dari Bumiayu menggunakan jalur transportasi yang ditempuh melalui jalur utara via Brebes atau Tegal-Bumiayu-Kaligua, Ciroben-Bumiayu-Kaligua dan jalur selatan via Purwokerto-Paguyangan-Kaligua. Bila melalui jalan utama maka bisa melalui via Tegal-Purwokerto, pas masuk lewat pertigaan Kaligua (Kretek) dan perjalanan yang dilalui mulai berkelak-kelok serta naik turun.

Sejarah

Perkebunan teh Kaligua merupakan peninggalan kolonial Belanda, pabrik tersebut dibangun dan dikelola sekitar tahun 1889. Van De Jong pengelola pertama pabrik tersebut, hingga sekarang makam Van De Jong masih ada, sebagai penghargaan dari masyarakat sekitar. Agrowisata Kaligua memberikan banyak pilihan untuk berwisata, sebab masih dalam kompleks tersebut terdapat situs wisata menarik seperti Gua Jepang, Tuk Benih, Gua Angin, makam pendiri pabrik, beberapa vila yang boleh dipergunakan sebagai tempat untuk menginap bagi pengunjung yang kelelahan.

kaligua

Ist

Di Agrowisata Kaligua mempunyai paket wisata yang menarik, seperti Telaga Ranjeng (telaga yang dihuni oleh jutaan ikan lele jinak dan tergolong langka) dan lokasi telaga tersebut berada di hutan lindung yang merupakan Cagar Alam Nasional. Disamping itu juga paket wisata yang lain berupa:

  1. Wisata edukasi/ilmiah, disajikan berupa seluk-beluk pengolahan teh dari bahan dasar sampai bahan jadi.
  2. Wisata rekreasi keluarga, dilengkapi taman bermain untuk anak  yaitu kolam renang air hangat untuk anak-anak. Dan pada hari tertentu banyak orang berkunjung ke perkebunan teh dan danau ranjeng.
  3. Wisata petualangan seperti permainan outbond atau pos awal pendagian menuju gunung Slamet.

Demikianlah pemaparan tentang Agrowisata Kaligua, Brebes yang beraneka ragam dan perlu dikembangkan lagi. Semoga bermanfaat.

Comment di sini