Berwisata ke Pemalang, Sungguh Asyik

by
October 23rd, 2014 at 4:50 pm

CiriCara.com – Pemalang merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Pemalang berbatasan dengan sebelah utara Laut Jawa, sebelah timur Kabupaten Pekalongan, sebelah selatan Kabupaten Purbalingga serta Kabupaten Tegal di sebelah baratnya. Keberadaan Pemalang dibuktikan berdasarkan berbagai temuan arkeologis pada masa prasejarah.

sunset pantai widuri

Pemandangan Pantai Widuri di sore hari – Ist

Temuan yang berupa punden berundak dan pemandian di sebelah barat daya Kecamatan Moga. Bukti lain telah ditemukannya patung Ganesha dan kuburan dan batu nisan di desa Keropak. Selain itu adanya makam Syeikh Maulana Maghribi di Kawedanan Comal. Bukti lain dengan adanya makam Rohidin Sayyid Ngali atau paman dari Sunan Ampel yang juga bermisi untuk menyebarkan agama Islam pada penduduk setempat.

Ada banyak tempat wisata belum mengetahui akan keindahan objek wisata di Pemalang oleh khalayak ramai. Ketidaktahuan orang luar yang mengetahui keberadaan obyek wisata di Pemalang karena para turis yang berkunjung kebanyakan orang-orang lokal, sangat jarang orang dari luar Pemalang yang singgah ke obyek wisata tersebut.  Jarangnya pengunjung dari luar Pemalang disebabkan karena minimnya promosi wisata yang dilakukan oleh pemerintah setempat.

Ada beberapa wisata yang cukup unik di Pemalang, tetapi hanya satu atau dua obyek wisata yang terkenal di Pemalang, seperti:

  1. Pantai Widuri, sebuah nama pantai sekaligus nama lagu. Pantai Widuri terletak sekitar 4 kilometer dari pusat ibukota Pemalang, dengan luas sekitar 16,3 hektar. Sarana dan prasarana di pantai ini sangat beragam seperti lapangan tenis, panggung hiburan anak. Panormana Widuri dihiasi dengan rimbunnya pohon-pohon besar seperti pohon cemara yang berjejer tapi di tepian pantai.
  2. Mata Air Moga, obyek wisata Mata Air Moga terletak hanya sekitar 41 kilometer ke arah selatan Kota Pemalang. Wisata ini berupa pemandian yang selalu dikunjungi orang sekitar terutama pada bulan puasa atau liburan sekolah. Tempatnya sangat rindang, sejuk, dan teduh karena dipayungi oleh pohon-pohon besar yang dibiarkan berdiri oleh pengelola pemandian ala mini.
  3. Curug Cibedil, obyek wisata Curug Cibedil atau air terjun ini terletak sekitar 44 kilometer di sebelah barat daya ibukota Pemalang. Dinamakan Cibedil karena di dekat air terjun terdapat sebuah batu yang berbentuk mirip dengan bedil (senjata laras panjang). Curug Cibedil memang masih alami dan airnya terkadang dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk keperluan sehari-hari. Tempatnya sangat tenang, dan cocok bagi pembaca yang ingin berwisata dengan kesunyian dan ketenangan, untuk akses jalannya para turis perlu kehati-hatian karena untuk menuju Curug Cibedil jalannya masih licin, tetapi setelah sudah sampai di Curug ini pembaca bisa berenang sepuas-puasnya karena akan disuguhi air yang sejuk dan masi alami.

Demikian pemaparan tentang obyek wisata di Pemalang, Selamat  Berwisata

 

Comment di sini