Cara Manajemen Waktu untuk Ibu Pekerja

by
October 24th, 2014 at 9:23 am

CiriCara.com – Zaman sekarang ini banyak para wanita yang lebih memilih tetap bekerja meskipun sudah menikah. Namun, menjadi ibu sekaligus wanita karier itu memang tidak mudah. Butuh manajemen waktu yang baik agar semuanya berjalan lancar.

wanita karir

Ibu pekerja – Ist

Ibu pekerja harus pintar dalam mengatur waktu karena ada dua peran yang harus dia jalani. Selain harus bekerja di kantor, ibu juga harus mejalani pekerjaan sebagai ibu rumah tangga di rumah. Untuk itu, butuh pembagian waktu yang tepat.

Jangan biarkan hubungan Anda dengan anak jadi rusak hanya karena Anda tidak ada waktu dan terlalu sibuk dengan pekerjaan. Usahakan untuk tetap jadi ibu yang baik bagi anak-anak, meski sesibuk apa pun pekerjaan Anda.

Untuk membantu Anda, berikut ada beberapa tips atau cara manajemen waktu yang bisa Anda tiru:

1. Buat rencana

Agar semuanya berjalan dengan baik, buatlah rencana. Dimana dalam rencana tersebut Anda bisa membuat jadwal kapan waktu untuk bekerja dan kapan waktu untuk bersama keluarga. Dengan rencana yang baik, maka tidak akan ada waktu yang terbuang sia-sia.

2. Jangan menunda tugas

Usahakan untuk menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu, sehingga Anda tidak perlu lembur. Sering menunda-nunda tugas hanya akan membuat pekerjaan Anda menumpuk. Hal ini tentu akan membuat manajemen waktu Anda jadi kacau dan tidak efektif.

3. Memulai lebih awal

Sebagai ibu pekerja, ada saat-saat dimana Anda akan menjadi super sibuk. Misalnya di pagi hari, selain harus menyiapkan sarapan Anda juga harus bersiap diri untuk berangkat kerja. Untuk itu, mulai lah mempersiapkannya lebih awal.

Jika Anda tahu akan sibuk di esok hari, maka siapkan lah segala sesuatunya sejak malam hari. Memulai kegiatan lebih awal itu akan membuat Anda jadi tetap fokus dan lebih santai, sehingga tidak akan ada hal yang terlewat.

4. Libatkan anggota keluarga

Jika dirasa Anda sudah terlalu lelah untuk mengatasi semua tugas, Anda bisa libatkan anggota keluarga. Misalnya, Anda bisa minta suami untuk ikut membantu mengurusi anak. Sementara Anda menyiapkan sarapan. Anda juga bisa meminta kakak untuk membantu adiknya mengemas barang.

Sebagai ibu pekerja, Anda harus pandai-pandai dalam mengatur waktu. Dengan demikian Anda tidak akan kerepotan setiap hari. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini