Vitamin D dapat Mencegah Kanker

by
October 24th, 2014 at 9:40 am

CiriCara.com – Kata Vitamin berasal dari bahasa Inggris vital amine, adalah sekelompok senyawa organik yang mempunyai berat terkecil dan berfungsi yang sangat vital dalam metabolism dalam setiap organisme yang jarang dihasilkan oleh tubuh. Vitamin dalam bahasa Latin yaitu vita atau hidup dan amina (amine) yang mengacu pada gugus organic dan memiliki atom nitrogen (N)

vitamin d

Vitamin D dari sinar matahari – Ist

Vitamin D merupakan jenis vitamin yang mudah larut dalam lemak seperti halnya vitamin A dan vitamin E.  Vitamin D ini yang dikenal dengan Kalsiferol mempunyai peran dalam pembentukan tulang dan gigi bersama dengan kalsium. Vitamin D juga satu-satunya jenis vitamin yang diproduksi dalam tubuh.

Peranan vitamin D mempunyai manfaat banyak sekali seperti penyembuhan rakhitis pada anak-anak, sebagai obat penyakit osteomalacia, sebagai perlindungan terhadap PAD (peripheral arterial disease), menurunkan resiko terkena penyakit kanker, mengurasi resiko patah tulang serta rachitic rosary.

Fungsi Vitamin D

Vitamin D mempunyai kemanfaatan bagi tubuh kita, adapun kemanfaatan yang lain dari Vitamin D, yaitu:

  • Membantu Pembentukan dan Pemeliharaan Tulang. Pembentukan dan pemeliharaan tulang tidak semuanya dilakukan oleh Vitamin D, tetapi vitamin D berkolaborasi dengan vitamin-vitamin yang lain seperti vitamin C dimana fungsinya untuk membantu pembentukan tulang, tetapi fungsi khusus dari vitamin D adalah membantu dalam pengerasan tulang dengan mengatur kalsium dan fosfor pada tubuh dalam darah yang kemudian diendapkan pada proses pengerasan tulang, tulang yang dikeraskan seperti tulang kalsitriol dan hormon paratiroid yang merangsang pelepasan kalsium dari permukaan tulang masuk ke dalam darah.
  • Manfaat Untuk Kulit. Dalam tubuh kita bisa memproduksi vitamin D, tetapi harus ada asupan dari makanan yang kita makan tanpa perlu mengkonsumsi dari makanan yang mengandung vitamin D. asupan vitamin D terdapat pada ikan, telur atau margarin, fungsinya agar kulit kita sehat sepanjang masa, memperbaiki kerusakan kulit, dapat mencegah infeksi luka dalam kulit, meremajakan kulit.
  • Pencegahan Kanker. Vitamin D ternyata dapat mencegah Kanker seperti kanker kolon dan prostat, jika kita sering mengkonsumsi vitamin D sesering mungkin, maka kita akan terhindari dari penyakit yang membahayakan tersebut. Menurut penelitian bahwa, semakin kita mengkonsumsi vitamin D dapat menghambat penggandaan sel kanker, karena semakin banyak vitamin D dalam darah yaitu sekitar 25-hidroksi, sehingga semakin rendah terjadinya kanker kolon.

Demikianlah manfaat Vitamin D bagi kita. Semoga ada manfaatnya

Comment di sini