Cara Merawat Kampas Rem Agar Awet

by
October 27th, 2014 at 8:54 am

CiriCara.com – Mempunyai kendaraan bermotor seperti sepeda motor sangat didambakan setiap orang, bukan saja sebagai alat transportasi untuk bepergian saja, tetapi juga dijadikan alat angkut yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Tak heran, pengguna sepeda motor di Indonesia kian banyak.

kampas rem

Ist

Kita sebagai pemilik kadang berharap agar kendaraan kita awet sepanjang masa. Terkadang memiliki sepeda motor ini mengalami masalah ringan, seperti ban bocor, lampu mati mendadak (karena saking lamanya), juga tentang onderdil yang menjadi bagian dari sepeda motor ini,misalnya kampas rem. Kampas rem berfungsi untuk memperlambat putaran disc brake dan memperlambat putaran roda saat terjadi pengereman.

Jadi kampas rem adalah alat yang sangat vital bagi kendaraan bermotor, tanpa rem, maka bahaya akan mengancam bagi si pengendara. Berikut ini adalah panduan merawat kampas rem, agar rem tetap awet. Tetapi sebelumnya ada beberapa panduan yang harus diketahui oleh si pengendara, yaitu membersihkan terlebih dahulu rantai motor, karena dengan tips seperti ini kita dengan mudah untuk menginjak kampas. Ingat! Kotoran pada rantai motor sangat mempengaruhi mudah atau tidaknya saat terjadi pengereman.

Yang perlu diperhatikan lagi adalah jarak antara piringan dan kampas, terlebih lagi dengan perawatan rem tromol motor, karena biasanya sering terjadi tidak pakem. Hal ini sering ditanyakan oleh para pemilik kendaraan yaitu “bagaimana agar rem tetap pakem walaupun tromol tipis”

Berikut ini adalah tentang cara merawat kampas rem agar selalu pakem.

  1. Periksa kondisi atau posisi tromol, terutama dibagian penampang dudukan cakram, baik itu tromol baru atau second. Terlebih dahulu bersihkan dan pastikan penampanya dalam kondisi bersih, dan pastikan juga permukaan dudukan cakram rata semua, hal ini ditujukan agar piringan cakram berputar simetris sehingga beban cakram tidak berat.
  2. Bersihkan caliper dan pin secara fleksibel. Hal ini ditujukan agar tekanan yang diberikan oleh kampas rema sama rata. Perlu diperhatikan jarak yang bebas antara piringan dan kampas rem, jika belum terlalu sempurna maka bongkar atau atur kembali dalam posisi yang tepat atau paling tidak putaran roda motor tersebut dan dilihat bahwa piringan cakram tidak akan menyentuh kampas rem.
  3. Cara merawat kampas rem agar awet berikutnya adalah pastikan selalu roda terlumasi dengan baik dan lakukan pelumasan secara teratur. Tujuannya adalah agar terhindar dari speling yang berakibat piringan cakram bersinggungan dengan kampas rem. (perlu diwaspadai bahwa, kondisi ini sering dialami oleh pengendara)
  4. Cara merawat kampas rem agar awet, yaitu gunakanlah rem dengan semestinya, saat berkendara atau mengendarai, usahakan jarak dengan kendaraan di depannya tidak terlalu dekat, dengan tujuan untuk menghindari penggunaan rem secara mendadak. Bila melakukan pengereman secara terus-menerus akat berakibat kampas rem tidak berumur panjang.

Demikianlah Cara merawat kampas rem agar awet, semoga bermanfaat.

Comment di sini