Pertolongan Pertama Anak Kejang Akibat Demam

by
October 28th, 2014 at 1:08 pm

CiriCara.com – Ketika anak sakit panas atau demam, beberapa diantaranya ada yang mengalami kejang-kejang karena suhu tubuh yang tinggi. Tubuh si anak akan bergerak-gerak sendiri tanpa kendali dalam waktu beberapa detik atau bahkan menit.

demam

Anak demam – Ist

Saat anak kejang karena panas, Bunda tentunya akan langsung panik dan bingung harus berbuat apa. Kebanyakan Bunda khawatir bahwa kejang pada anak akan menimbulkan kerusakan otak, kelainan-kelainan jangka panjang, ataupun kematian.

Namun, bahaya-bahaya tersebut sebenarnya bisa dicegah jika serangan kejang ini mendapatkan pertolongan pertama yang tepat dan cepat. Karenanya, penting bagi Bunda untuk mengetahui pertolongan pertama saat anak kejang.

Berikut beberapa hal mudah yang disarankan betterhealth.vic seperti dikutip dari Vemale.com ketika menolong anak yang sedang kejang-kejang:

1. Letakkan anak di lantai

Anak yang kejang biasanya tubuhnya akan bergerak-gerak tidak beraturan. Karenanya, segera pindahkan anak ke lantai lapang dan jauhkan semua benda dari anak. Hal ini bertujuan agar anak tidak menendang atau memukul benda-benda keras saat kejang.

2. Baringkan posisi menyamping

Baringkan anak dengan posisi menyamping, jangan terlentang. Bunda juga harus memperhatikan berapa lama si kecil kejang, dari mulainya hingga selesai. Hal ini berguna untuk dilaporkan pada dokter nantinya.

3. Jangan memasukan apapun

Saat kejang, Bunda jangan memasukkan apapun pada anak, sekalipun itu hanya air putih biasa. Bunda juga tidak boleh mengguncang, menampar, atau mengikat anak. Cara-cara tersebut tidak akan membuat anak sadar. Lebih baik biarkan sampai kejangnya berhenti.

CiriCara: Ciri-ciri Demam Berdarah4. Jaga posisi anak

Meski kejang anak sudah berhenti, usahakan agar posisi anak tetap berbaring menyamping dan hadapkan wajah anak ke lantai. Segera bawa anak ke dokter untuk memeriksakan penyebab anak mengalami kejang tersebut.

5. Bawa ke rumah sakit

Jika dalam 5 menit serangan kejang anak tidak berhenti, segera panggil ambulans atau siapkan kendaraan untuk membawa anak ke rumah sakit. Semakin cepat anak mendapatkan penanganan medis, maka akan semakin jelas penyebab kejang anak.

Dan yang paling penting dari kelima hal di atas, Bunda tetap harus tenang dan segera hubungi dokter. Jangan panik! Karena hal itu hanya akan membuat suasana jadi tidak terkendali.

(YG)

Comment di sini