Alasan Kenapa Anda Sulit Lepas dari Hutang

by
October 29th, 2014 at 1:24 pm

CiriCara.com – Hutang merupakan salah satu masalah keuangan yang harus segera diatasi. Karena jika tidak diatasi dengan baik, hutang akan semakin menumpuk dan pada akhirnya akan membuat Anda jadi bangkrut.

orang terlilit utang

Terlilit utang – Istutang

Beberapa orang ada yang bisa segera menyelesaikan masalah hutangnya dengan baik, namun ada juga orang yang malah sulit terlepas dari hutang. Baru menyelesaikan hutang yang lama, muncul lagi hutang baru yang tidak ada habisnya.

Memiliki hutang yang banyak tentu akan memberikan beban tersendiri buat Anda. Apalagi jika sampai para pemberi pinjaman terus-terusan meneror dan menagih Anda. Tentu hal ini akan membuat kehidupan Anda jadi tidak nyaman.

Kenapa Anda tidak bisa lepas dari hutang? Mungkin berikut alasannya:

1. Suka dana instan

Orang yang suka dengan dana instan biasanya akan sulit terlepas dari utang. Dia pasti akan terus meminjam uang untuk menutup hutang lamanya dan terus seperti itu. Padahal, dana instan hanya memberikan solusi singkat namun akan berdampak buruk ke depannya.

Sebaiknya, Anda jangan terus-terusan mencari dana instan. Tapi, manfaatkan lah potensi diri Anda untuk melunasi hutang-hutang yang ada. Tutup lubang gali lubang bukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah keuangan.

2. Bunga kartu kredit

Anda sulit terlepas dari hutang bisa jadi karena Anda tidak memperhatikan bunga kartu kredit. Anda hanya tergiur dengan tawaran limit yang diberikan kartu kredit tanpa memperdulikan besarnya bunga yang dibebankan. Untuk itu, Anda harus lebih cermat memilih kartu kredit.

3. Pola hidup mewah

Orang yang terbiasa hidup dengan mewah, gengsi melihat rekannya pakai gadget mahal, dia akan sulit terlepas dari hutang. Dia akan terus berusaha mempertahankan pola hidupnya meskipun dengan berhutang. Untuk itu, rubah pola hidup Anda sesuai dengan penghasilan Anda.

meminjam uang

Uang – Ist

4. Suka menunda lunasi hutang

Hutang apabila tidak segera dilunasi pasti akan menumpuk, apalagi jika Anda hutang di bank yang meminta bunga. Jika memang sudah ada uang cukup untuk melunasi hutang, maka segeralah dibayarkan, jangan ditunda-tunda.

5. Tidak punya tabungan

Alasan terakhir kenapa Anda sulit lepas dari hutang adalah Anda tidak punya tabungan. Orang yang tidak gemar menabung cenderung lebih suka menghabiskan uang dan pada akhirnya hutang yang ada malah bertambah, bukan berkurang.

Bagaimana, apakah kelima hal di atas sering Anda lakukan? Jika iya, mulai sekarang Anda harus berhenti melakukannya.

(YG)

Comment di sini