Cara Merawat Busi Motor

by
October 29th, 2014 at 8:16 am

CiriCara.com – Busi merupakan sistem perangkat pengapian pada bagian komponen vital motor dan mobil. Meskipun bentuknya imut, namun mempunyai fungsi yang sangat vital. Sistem kerja Busi memberikan percikan api di ruang sistem pembakaran. Diantara beberapa komponen pengapian pada sepeda motor, busi lah bagian yang sangat mudah dalam perawatannya jika dibandingkan dengan sistem pengapian, CDI. Namun demikian, merawat busi memerlukan perhatian yang sangat khusus, selain juga harus diganti secara rutin bila mengalami kerusakan.

busi ngk

Busi Motor – Ist

Pada pembahasan kali ini penulis ingin berbagi kepada pembaca atau pemilik kendaraan khususnya roda dua tentang cara merawat busi motor agar bertahan lama dan awet serta tidak merepotkan kita bila melakukan perjalanan jauh. Karena busi mempunyai peranan yang cukup penting dari sebuah komponen mesin. Fungsi busi untuk menghasilkan energy berupa percikan apa yang kemudian membakar campuran sebagian atau seluruhnya bahan bakar dan udara pada sebuah silinder.

Bentuk busi memang tergolong sangat kecil dan imut terkadang sering dicuekin atau dilupakan dari perhatian pemilik motor. Padahal si imut busi ini membutuhkan perawatan serta perawatan dibilang rutin, sebab apabila busi ini rusak, mengakibatkan motor kesayangan kita ngambek atau mogok, lebih tragisnya tidak bisa hidup secara normal.

Jenis busi di pasaran sangat beragam, seperti busi standar, iridium, platinum dan racing. Jenis tersebut mempunyai perbedaan karakter pada sistem pengapian. Apapun jenisnya, busi-busi tersebut mampu mendeteksi hasil pembakaran yang terjadi. Hanya mencopot busi dan kita amati warna ujung kepala busi, apabila warnanya putih terindikasi pasokan udara lebih banyak daripada bensin, tetapi apabila warnanya hitam terindikasi pasokan bensin lebih banyak dibanding udara. Bila hal ini terjadi maka berakibat performa mesin menjadi tidak maksimal, solusinya adalah kita harus mengulang setting pilot jet dan main jet serta menyeting ulang udara pada karburator.

Yang perlu diperhatikan dalam Merawat Busi Motor, sebagai berikut:

  1. Jika motor kita keluaran terbaru misalnya: 2014 ke atas, sebaiknya sesering mungkin memeriksa busi ketika speedometer menunjukkan angka 1000 kilometer atau 3000 kilometer, dan ganti busi setiap speedometer menunjukkan angka 6000 kilometer.
  2. Aktif secara rutin memeriksa kondisi busi, jika busi ternyata kering dan berkerak abu-abu itu bertanda pembakaran mesin motor masih berjalan dengan baik, tetapi bila busi ternyata agak basah/basah dan kerak berwarna hitam yang berarti pembakaran di dalam motor kurang sempurna.
  3. Jika busi tidak pernah dibersihkan, maka yang terjadi elektroda menjadi aus sedikit demi sedikit dan akan menjadi endapatn di sekitar busi yang mengakibatkan gangguan pada sistem pembakaran. Tandanya adalah celah elektroda berjarak 0.8 s/d 1.2 milimeter.
  4. Jika elektroda pada busi bagian tengah benar-benar habis, sebaiknya diganti dan dilakukan penyetelan ulang celah, bisa digunakan alat ukur ketebalan.
  5. Jika mesin motor kita ngambek dan susah dihidupkan, penyebabnya adalah busi harus dibersihkan.
  6. Gantilah busi motor kita sesuai dengan spesifikasi mesin, bila tidak akan terjadi trouble

Demikianlah cara merawat busi motor. Semoga bermanfaat

Comment di sini