Cara Aman Mengatasi Mata Kelilipan

by
October 30th, 2014 at 9:52 am

CiriCara.com – Setiap gangguan pada mata harus ditanggapi dengan serius. Jangan sampai gangguan ini mengakibatkan infeksi yang bisa menyebabkan masalah penglihatan secara permanen. Jadi Anda tidak boleh meremehkan setiap gangguan pada mata.

mata kedutan

Mata gatal dan kedutan – Ist

Gangguan pada mata yang sering terjadi adalah masuknya benda asing ke mata atau biasa disebut kelilipan. Entah itu berupa debu, rambut, atau bahkan batu kecil. Gangguan seperti mata kelilipan ini jelas sangat mengganggu.

Kebanyakan orang akan langsung mengusap atau menyentuh matanya saat kelilipan. Hal ini tentu bertujuan agar benda asing itu bisa keluar dari mata. Namun kebiasaan ini sebenarnya keliru, apa pun benda yang masuk ke mata, itu tidak boleh disentuh.

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, berikut ada beberapa cara yang perlu dilakukan saat mata kelilipan, seperti dijelaskan Dr. Miriam Stoppard dalam buku karangannya yang berjudul “Parenting Guide”:

1. Jangan disentuh atau digosok

Saat mata kelilipan, minta korban untuk tidak menyentuh atau menggosok matanya. Hal ini untuk mencegah jaringan mata rusak karena gesekan benda asing. Minta korban untuk duduk menghadap ke sumber cahaya. Tarik kelopak mata atas atau bawah dengan lembut dan amati baik-baik benda apa yang masuk ke matanya.

2. Gunakan air bersih

Jika benda asing itu mengambang di permukaan mata, Anda bisa mengeluarkannya dengan cara membilasnya dengan air bersih. Anda juga bisa memakai cawan pembersih mata berisikan air bersih.

3. Cotton bad atau tisu

Jika benda tersebut tidak keluar juga, Anda bisa mengangkatnya dengan bantuan korek kuping (cotton bad) yang sudah dibasahi secara perlahan. Benda lain yang bisa digunakan adalah tisu dan kain bersih yang sudah dibasahi. Tapi jangan lakukan jika benda asing itu tertanam pada mata.

4. Menarik kelopak mata

Jika benda asing itu berada di bawah kelopak mata atas, mintalah korban untuk menarik kelopak mata atas sampai melewati kelopan bawah. Cara ini biasanya berhasil untuk membuat benda asing itu terlepas.

Itulah beberapa cara mudah untuk mengatasi mata kelilipan. Jika benda asing tak kunjung hilang dan sangat menyiksa, tidak ada salahnya jika Anda menghubungi dokter untuk melakukan penanganan secara medis. Cara di atas juga belaku untuk anak-anak.

(YG)

Comment di sini