Nikmatnya Makan Rujak Gunker

by
November 3rd, 2014 at 11:44 am

CiriCara.com – Lama tidak pernah merasakan sensasi enaknya Rujak Gunker, hari ini aku bersama teman-teman SMA ku dulu datang kemari untuk menikmati enaknya rujak Gunker. Mungkin sahabat sekalian bertanya apa itu Gunker? hahahaha Gunker ialah singkatan dari Gunung Kerambil (dalam bahasa Indonesia Gunung Kelapa). Kami suku aneuk jamee menyebut kelapa dengan Kerambil/kerambiee, sebutan itu karena tempat warung-warung tersebut berada di pinggiran gunung yang mempunyai banyak pohon kelapanya.

rujak

Rujak Gunker – Ist

Gunung Kerambil ialah sebuah gunung pemisah antara kecamatan Samadua dengan kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Pemandangan di atas gunung tersebut sungguh menakjubkan karena kita bisa melihat teluk-teluk yang berada dipinggiran pantai dengan barisan rumah warga yang berderet rapi di sepanjang bibir pantai. Selain itu, di bawah gunung tersebut terdapat batu-batu curam dengan ombak yang saling berhempasan memukul batu. Angin di tempat tersebut sepoi-sepoi karena banyaknya pohon kelapa yang mengitari gunung sehingga membuat udara menjadi sejuk dan kita pun sangat betah berlama-lama di tempat tersebut.

Yang membuat suasana lebih bergairah ialah Rujak Gunker yang super lezat membuat lidah merasakan sensasi yang menyenangkan. Tentunya mengenyangkan perut.,, hahahah :D. Rasa pedas-pedas manis dengan campuran buah-buahan seperti bengkoang, mamplam, pepaya mangka (bahasa jame batiak), nenas, mentimun, kedondong dan bumbu racikan rahasia yang pastinya setiap orang yang menikmatinya mengatakan ENAK.

Ada yang unik dalam penyajian rujak ini, biasanya kita makan rujak dengan menggunakan piring ataupun mangkuk, tapi disini cukup menggunakan selembar daun pisang yang dibentuk seperti mangkuk. Tempat makan seperti ini membuat gairah makan kita muncul dan bertambah, karena baik suasana maupun bentuk penyajiannya bersifat natural yang membuat kita merasa dekat dengan alam.

Setelah puas makan rujak, minumnya ya.., air kelapa muda yang baru saja di petik dari pohonnya. Pohon-pohon kelapa yang tumbuh di sekitar warung rujak dijadikan bahan minuman utama. Bayangkan betapa segarnya kita meminum kelapa yang baru saja dipetik lansung dari pohonnya. Kita tidak perlu khawatir tentang rasa air kelapa tersebut, airnya sungguh manis dan sangat cocok untuk minuman setelah makan rujak yang pedas dan enak. Untuk teman-teman yang penasaran dengan enaknnya rujak Gunker ini, bisa pergi langsung ke tempat tersebut.

Comment di sini