Ciri-Ciri Aplikasi Android yang Berbahaya

by
November 4th, 2014 at 9:49 am

CiriCara.com – Dibanding Windows atau iOS ternyata Android lebih banyak disusupi oleh aplikasi-aplikasi berbahaya yang mengandung virus atau malware. Hal ini pun kembali mengingatkan agar para pengguna Android untuk lebih berhati-hati lagi.

Android

Android Rusak – Ist

Apalagi saat ini Google juga tidak bisa secara otomatis menghentikan peredaran aplikasi berbahaya via Google Play Store, tempat mengunduh aplikasi untuk Android. Karenanya, Anda harus berhati-hati jika akan mengunduh dan menginstal sebuah aplikasi di smartphone Android Anda.

Untuk mencegah aplikasi-aplikasi berbahaya masuk ke smartphone Android Anda, berikut ada beberapa ciri yang perlu diketahui. Dengan melihat ciri-ciri tersebut, nantinya Anda bisa mengetahui apakah aplikasi tersebut aman atau tidak untuk smartphone Android.

Berikut penjelasannya:

1. Bukan dari Google Play Store

Tempat yang paling aman untuk mengunduh aplikasi Android adalah Google Play Store. Jika Anda selama ini sering mengunduh/download aplikasi di situs online lainnya, kemungkinan aplikasi tersebut menyimpan virus. Saat ini memang banyak situs yang menyediakan aplikasi file APK untuk Android, namun hal ini bisa menjadi sumber virus.

2. Izin pemasangan aplikasi aneh

Jika menginstal aplikasi dengan file APK dari situs lain, Anda perhatikan izin pemasangan aplikasinya sebelum disetujui. Lihat apakah aplikasi tersebut meminta izin yang aneh-aneh, seperti koneksi internet, membaca kontak, dll. Jika iya, itu ciri kalau kemungkinan aplikasi tersebut berbahaya.

3. Jumlah instalasi sedikit dan rating rendah

Anda perhatikan jumlah orang yang sudah menginstal aplikasi tersebut. Jika aplikasi itu sudah diinstal jutaan orang tapi punya rating (bintang) rendah, itu bisa jadi tanda aplikasi tersebut tidak berkualitas dan bisa jadi berbahaya untuk smartphone Android Anda.

4. Ulasan yang jelek

Baca juga ulasan dari orang-orang yang sudah pernah menginstal aplikasi tersebut. Jika banyak ulasan menunjukkan bahwa aplikasi tersebut tidak bagus, sebaiknya Anda jangan coba-coba untuk menginstalnya. Bisa jadi aplikasi tersebut mengandung virus.

5. Deskripsi aplikasi tidak jelas

Sebelum menginstal, perhatikan dan baca baik-baik deskripsi aplikasi yang akan diinstal. Jika dalam penjelasan tersebut terdapat banyak kesalahan tulis, tanda baca, dll, kemungkinan aplikasi tersebut abal-abal. Bisa jadi aplikasi itu dibuat oleh orang tidak bertanggungjawab untuk menyebarkan virus atau malware-nya ke pengguna smartphone.

Teliti dahulu sebelum memasang suatu aplikasi di smartphone Android Anda. Jangan sampai Anda jadi korban malware atau virus.

(YG)

Comment di sini