Cara Menghindari Penyakit Ebola

by
November 5th, 2014 at 1:05 pm

CiriCara.comWabah virus Ebola hingga saat ini masih menjadi sorotan lembaga kesehatan di seluruh dunia. Hal ini karena virus yang berasal dari Afrika ini bisa saja menyebar hingga ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

virus mers di arab saudi

Ilustrasi virus – Ist

Ebola menjadi salah satu virus ganas yang sangat mematikan. Hampir semua penderita penyakit Ebola ini tidak memiliki harapan untuk hidup. Penyebaran virus Ebola ini pun terbilang cukup cepat dan sangat mudah menular ke manusia lainnya.

Hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti cara untuk mengobati virus Ebola. Karenanya menghindari atau mencegah virus Ebola adalah cara yang paling efektif dan sederhana agar tidak terjangkit virus ganas dari Afrika tersebut.

Berikut cara menghindari penyakit atau virus Ebola:

1. Hindari daerah sumber Ebola

Jika akan berpergian, khususnya ke luar negeri, Anda disarankan untuk mencaritahu terlebih dahulu kondisi kesehatan di daerah yang ingin dituju. Misalnya, jika ingin pergi ke Afrika Anda bisa cari tahu isu kesehatan di sana melalui berita online. Sebisa mungkin, jauhi daerah yang sudah terkena wabah Ebola.

2. Cuci tangan dengan sabun

Virus Ebola bisa menyebar melalui tangan kemudian masuk ke mulut dan tubuh. Untuk menghindarinya, Anda sebaiknya selalu mencuci tangan dengan sabun atau cairan pembersih, minimal yang mengandung 60 persen alkohol jika tidak ada sabun. Cara ini juga ampuh untuk mencegah penularan penyakit lainnya.

3. Hindari daging hewan liar

Hindari membeli atau memakan daging hewan liar di dan dari negara berkembang, termasuk primata yang dijual di pasar lokal. Hal ini menghindari jika hewan liar tersebut telah tertular virus Ebola di negara tersebut.

4. Hindari kontak fisik dengan penderita

Anda harus menghindari kontak fisik secara langsung dengan penderita Ebola. Baca: Ciri-Ciri Penderita Ebola. Selalu gunakan masker dan sarung tangan jika akan berinteraksi dengan penderita. Hindari juga cairan tubuh penderita, seperti air liur.

5. Ikuti prosedur pengendalian infeksi

Jika Anda seorang perawat, maka ikutilah prosedur yang sudah ada. Seperti selalu kenakan pakaian pelindung seperti masker, sarung tangan, dan perisai mata. Jangan sembarangan saat menangani jenazah korban Ebola, karena masih bisa menularkan virus.

Segera hubungi tenaga medis jika Anda atau anggota keluarga Anda menunjukkan ciri-ciri terkena virus Ebola. Meskipun hal itu belum pasti, penanganan secara medis ini akan membantu Anda dan keluarga terhindar dari ancaman virus Ebola.

(YG)

Comment di sini