Cara Mudah Mengurangi Risiko Stroke

by
November 5th, 2014 at 9:14 am

CiriCara.com – Penyakit stroke merupakan penyebab kematian keempat pada orang dewasa. Karenanya, Anda yang belum terkena penyakit stroke mulailah melakukan tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko stroke.

olahraga

Olahraga mencegah stroke – Ist

Stroke bisa terjadi pada orang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi (hipertensi), kolesterol tinggi (terlalu banyak lemak), diabetes melitus (kencing manis), serta penyakit jantung. Karenanya, Anda harus menjaga kesehatan tubuh mulai dari sekarang.

Ahli syaraf dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dokter H Samino SpS(K) menjelaskan, stroke adalah gangguan fungsi otak, akibat terjadinya gangguan aliran darah ke otak. Gangguan ini memang selalu muncul secara mendadak.

Tidak mau terkena stroke? Berikut ada beberapa cara untuk mencegahnya:

1. Makanan yang sehat

Untuk mengurangi risiko stroke, Anda harus menjalankan pola makan sehat. Seperti memperbanyak makan buah, sayur, ikan, biji-bijian utuh, dan produk susu rendah lemak. Hindari makanan yang terlalu manis, berlemak, daging olahan yang bisa memicu stroke.

2. Olahraga rutin setiap hari

Anda sebaiknya melakukan olahraga ringan secara rutin setiap hari setidaknya 40 menit agar terhindar dari risiko stroke. Agar otot tubuh menjadi kuat dan sehat, Anda juga disarankan untuk melakukan olahraga yang sedikit berat setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

3. Jangan merokok

Selain makanan tidak sehat, kebiasaan merokok juga bisa memicu risiko stroke. Karenanya Anda sebaiknya tidak merokok. Buat yang sudah jadi perokok aktif, sebaiknya mulai belajar berhenti merokok mulai dari sekarang. Ingat! Merokok itu tidak baik untuk kesehatan.

4. Jangan minum alkohol

Minuman beralkohol ternyata juga bisa meningkatkan risiko stroke, apalagi jika sudah 9 gelas alkohol per minggu. Untuk itu buat Anda yang biasa minum alkohol, sebaiknya mulailah untuk dikurangi. Jika mampu berhentilah minum alkohol dari sekarang.

5. Menjaga berat badan

Berat badan seseorang juga bisa menjadi tanda risiko penyakit stroke. Untuk mencegahnya sebaiknya mulailah menjaga berat badan Anda agar tetap ideal. Caranya bisa dengan menjalankan diet, menjaga pola makan, dan terapkan gaya hidup yang sehat.

Ingat! Mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Jadi tunggu apa lagi? Ayo terapkan lima cara di atas agar kita bisa mengurangi risiko penyakit stroke. (YG)

Comment di sini