Cara Memberitahu Anak Soal Perceraian

by
November 6th, 2014 at 10:50 am

CiriCara.com – Semua pasangan suami istri tentu tidak pernah berharap rumah tangganya akan berakhir di sidang perceraian. Namun apa boleh buat, jika memang sudah tidak ada lagi kecocokan di antara Anda. Tapi bagaimana dengan anak Anda?

perceraian

Perceraian – Ist

Menjelaskan masalah perceraian kepada anak tentu bukan hal yang mudah. Apalagi jika anak Anda masih duduk di bangku sekolah dasar. Pasti dia akan sulit untuk mengerti kenapa Anda dan pasangan tidak lagi tinggal serumah dengannya.

Anda tentu akan kebingungan saat ditanya anak kenapa ayahnya tidak pulang bersamanya. Hal ini wajar, sebagai anak tentu dia ingin tahu semua hal tentang kondisi keluarganya, terlebih lagi dia merasa kehilangan salah satu orangtuanya.

Untuk menyiasatinya, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjelaskan soal perceraian kepada anak:

1. Katakan secukupnya

Tidak semua hal soal perceraian bisa dimengerti oleh anak. Untuk itu, Anda hanya perlu menjelaskan beberapa hal yang kiranya anak mengerti. Misalnya, Anda bisa secara perlahan menjelaskan bahwa ayah atau ibunya tidak akan tinggal bersama lagi.

2. Tidak tinggal besama tapi masih bisa bertemu

Jika anak masih terus bertanya, Anda bisa memberikan penjelasan sederhana kepada anak bahwa Anda sudah bercerai. Katakan secara halus bahwa Anda dan suami sudah tidak bisa tinggal bersama lagi. Namun sebagai penghibur, Anda bisa mengatakan bahwa dia tetap boleh kok menemui ayahnya.

3. Anak bukan penyebab perceraian

Anda juga harus menjelaskan bahwa perceraian ini bukan karena anak. Bilang pada anak bahwa Anda dan pasangan memutuskan untuk berpisah karena suatu alasan yang tidak perlu dia tahu. Tapi, katakan padanya bahwa Anda dan pasangan tetap menyayanginya.

4. Pilih waktu yang tepat

Anda dan pasangan harus memilih waktu yang tepat untuk membicarakan soal perceraian kepada anak. Jangan pernah bicarakan soal perceraian di masa penting anak, seperti malam sebelum ujian, sebelum kelulusan, dll. Karena hal ini bisa merusak konsentrasi belajar anak.

5. Tetap tenang

Siapkan mental Anda sebelum membicarakan perceraian dengan anak. Jadilah orangtua yang tegar dan jangan menangis di depan anak, tunjukkan bahwa Anda baik-baik saja. Setidaknya cara ini akan membuat anak jadi tidak ikut terbawa suasana sedih.

Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini