Cara Mendapatkan KKS, KIS, dan KIP

by
November 6th, 2014 at 9:04 am

CiriCara.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meluncurkan tiga “kartu sakti” untuk membantu masyarakat miskin, yakni Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Lalu bagaimana cara untuk mendapatkannya?

kks, kip, dan kis

Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) – Ist/Viva.co.id

Untuk tahap pertama, ketiga kartu sakti tersebut hanya akan dibagikan untuk masyarakat yang memiliki Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Dimana KPS ini merupakan kartu keterangan keluarga miskin yang diterbitkan pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Nantinya, KPS tersebut akan diganti atau ditukar dengan KKS. Fungsinya masih sama, yakni sebagai penanda rumah tangga miskin. Untuk kepemilikan KPS, saat ini masih menggunakan data lama atau data di masa Presiden SBY.

Berikut cara mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP):

1. Datang ke kantor pos terdekat dengan membawa KPS. Jika KPS hilang, Anda bisa menggantinya dengan menyertakan identitas lain dan surat keterangan dari kepala desa atau lurah setempat.

2. Petugas di Kantor Pos akan mengecek KPS yang Anda bawa. Jika KPS Anda hilang, proses pengecekannya akan berlangsung lebih lama karena akan ada pemeriksaan tambahan oleh Dinas Sosial atau aparat Pemda yang ditunjuk. Jadi Anda harus bersabar.

3. Setelah dilakukan pengecekan KPS, Anda akan mendapatkan:
- Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
- SIM Card uang elektronik
- Kartu Indonesia Pintar (KIP)
- Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Untuk berjaga-jaga, ada baiknya Anda membawa foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) saat datang ke Kantor Pos. Hal ini bertujuan agar Anda tidak perlu bolak-balik jika diminta untuk melengkapi dokumen tersebut.

Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini