Cara Sabar Menghadapi Anak

by
November 10th, 2014 at 9:34 am

CiriCara.com – Menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah. Perlu kesabaran ekstra menghadapi sang buah hati. Untuk itu kesabaran yang harus dimiliki orang tua terutama ibu. Sabar dalam menghadapi kelakuan anak yang kadang membuat emosi dan membuat ingin marah. Namun tahukah ibu, kelakukan anak yang dianggap nakal itu sebenarnya adalah bentuk protes anak, jadi kita sebagai orang tua yang harus lebih ekstra lagi dalam menghadapi dan mendampingi anak.

cara atasi anak nakal

Mendidik anak nakal – Ist

Kesabaran yang dimiliki memang ada batasnya. Namun tidak ada salahnya jika orang tua terus berlatih untuk bersabar demi anak. Berlatih terus bersabar menghadapi ulah anak yang “ajaib” setiap harinya.

Ada beberapa cara yang mungkin bisa membantu seorang ibu untuk lebih bersabar menghadapi anak, silakan disimak :

  • Berdoa. Tentu saja setiap manusia pasti suka melakukan hal ini. Ibu berdoalah agar Allah memberikan kesabaran yang ekstra untuk ibu dalam membimbing sang buah hati.
  • Kondisi fisik ibu dan anak. Kondisi fisik juga mempengaruhi kesabaran. Disaat kita sedang kecapean atau kelelahan maka akan cepat tersulut amarah. Maka dari itu tenangkan fisik dan pikiran anda. Banyak minum air putih, karena akibat dehidrasi bisa membuat kita cepat lelah dan capek. Sama halnya dengan ibu, anak juga butuh fisik yang happy dan pikiran yang tenang. Jadi jika anak sedang memicu amarah ibu, maka sebaiknya ajak anak untuk segera minum agar tidak dehidrasi.

Dengan kesabaran dalam menghadapi anak, membimbing anak, ibu bisa memberikan nasihat dan saran yang baik untuk anak. Jadi anak akan merasa sangat diperhatikan. Beda ketika ibu sedang emosi, mungkin nasihat atau saran yang disertai amarah akan membuat anak merasa bahwa ibu tidak menyayangi mereka.

Semoga dengan kelembutan dan kesabaran seorang ibu, akan tercapai apa yang diinginkan setiap orang tua yakni agar sang buah hati tumbuh menjadi anak yang soleh dan solehah serta menjadi anak yang hebat dan cerdas.

Mari kita belajar terus untuk mengendalikan emosi dan melatih kesabaran dengan secara terus menerus. (Tyanlicious)

Comment di sini