Rokok Mentol Lebih Berbahaya Dibanding Rokok Biasa

by
November 10th, 2014 at 11:50 am

CiriCara.com – Saat ini banyak perokok yang lebih memilih rokok mentol dibanding rokok biasa. Alasannya karena rokok mentol mempunyai sensasi rasa yang berbeda dari rokok biasa. Apakah Anda juga termasuk salah satu penggemar rokok mentol.

rokok mentol

Rokok mentol – Ist

Namun perlu Anda tahu bahwa sebenarnya rokok mentol itu menyimpan bahaya kesehatan yang lebih besar dibanding rokok biasa. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap perokok mentol yang masih muda di Kanada.

Dalam penelitian tersebut melibatkan 3.758 perokok mentol dan 1.941 perokok biasa berusia 45 sampai 80 tahun. Dari penelitian tersebut juga diketahui bahwa perokok mentol itu biasanya berasal dari kalangan anak muda.

Awalnya, hasil penelitian menyebutkan bahwa perokok mentol itu memiliki risiko penyakit pernapasan lebih kecil dan berisiko lebih kecil mengalami batuk kronis atau penumpukan lendir pada saluran pernapasan.

Namun setelah berlangsung 18 bulan, penelitian menemukan bahwa perokok mentol memiliki kesehatan paru-paru yang lebih rendah dibanding perokok biasa. Mereka juga bisa terkena masalah kesulitan berjalan, susah bernapas, dan napas pendek.

- Penyakit paru-paru

Seperti yang dilansir Daily Mail, 5 November 2014, perokok mentol ternyata lebih berisiko terkena penyakit paru-paru yang lebih parah dibanding perokok biasa. Hal ini disebabkan oleh gangguan pernapasan dan menumpuknya lendir di saluran pencernaan.

- Lebih berisiko picu stroke

Dari hasil penelitian lainnya ditemukan bahwa rokok mentol juga lebih berisiko memicu stroke. Hal ini diungkapkan oleh dr Nicholas Vozoris dari St Michael Hospital di Toronto pada tahun 2012, silam.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda dibolehkan untuk merokok dengan rokok biasa. Karena sebenarnya semua jenis rokok itu tidak baik untuk kesehatan tubuh si perokok itu sendiri. Karenanya sebaiknya berhenti lah merokok mulai dari sekarang.

Jika memang sudah tidak bisa berhenti merokok, Anda sebaiknya menghindari rokok mentol. Tidak dipungkiri, rokok mentol itu memang mempunyai sensasi rasa tersendiri saat dihirup. Namun Anda juga harus mengetahui bahaya yang terkandung di dalamnya.

Semoga informasi singkat di atas bisa menyadarkan Anda tentang betapa bahayanya rokok itu. Apalagi pemerintah sendiri juga sudah menyuarakan aksi untuk tidak merokok, terutama di tempat-tempat umum.

Sumber: merdeka.com

(YG)

Comment di sini