Cara Atasi Masalah Kulit yang Sering Terjadi Pada Ibu Hamil

by
November 11th, 2014 at 9:32 am

CiriCara.com – Pada masa kehamilan para ibu sering mengalami gangguan kesehatan. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari stress sampai perubahan hormon. Karenanya, para ibu hamil diminta untuk tetap terus menjaga kesehatan tubuhnya.

kulit ibu hamil

Merawat kulit ibu hamil – Ist

Selain masalah kesehatan tubuh, masalah yang juga sering dikeluhkan oleh ibu hamil adalah munculnya masalah kulit. Banyak ibu hamil yang mengaku khawatir kulitnya tidak cantik lagi setelah melahirkan nanti. Mereka khawatir kulitnya akan jadi kendur dan terlihat tua.

Ya, masalah kulit seperti itu memang umum terjadi pada ibu hamil. Namun tetap saja masalah kulit ini akan membuat para ibu jadi khawatir. Apalagi hal itu sangat berpengaruh pada penampilan si ibu itu sendiri.

Tidak mau mengalaminya? Berikut ada penjelasan 5 masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil beserta cara mengatasinya:

1. Penggelapan warna kulit

Selama kehamilan, kebanyakan ibu akan mengalami masalah penggelapan warna kulit atau pigmentasi. Hal ini wajar terjadi karena adanya aktivasi berbagai hormon pada ibu hamil. Daerah yang sering mengalami pigmentasi adalah lipatan leher, ketiak, dan daerah pribadi.

Masalah pigmentasi ini memang akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Tapi, bagi Anda yang ingin tetap tampil cantik selama kehamilan bisa melakukan perawatan kulit secara rutin. Pakai juga pelembap agar pigmentasi tidak muncul. Anda juga bisa mengatasi pigmentasi dengan masker mentimun, lemon, atau lidah buaya.

2. Stretch mark

Kulit perut yang ikut terentang karena usia kandungan yang bertambah sering mengakibatkan stretch mark. Ya, masalah kulit ini akan memunculkan garis-garis retakan berwarna putih pada kulit perut ibu hamil. Banyak ibu hamil yang mengaku tidak PD karena stretch mark ini.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memakai minyak almond, minyak zaitun, atau minyak lavender. Olehskan minyak tersebut ke daerah kulit perut. Minyak ini akan berguna sebagai pelembap pada kulit perut.

3. Kulit kering

Ibu hamil akan mengalami peningkatan metabolisme tubuh. Akibatnya, suhu tubuh akan meningkat dan kulit pun jadi mudah kering. Bahkan, beberapa ibu hamil juga ada sampai mengalami masalah bibir pecah-pecah.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan pelembap agar kelembapan kulit tetap terjaga. Cukupi juga asupan air pada tubuh Anda agar tidak terjadi dehidrasi dan bibir pecah-pecah.

sehat saat hamil

Ibu hamill – Ist

4. Kulit berjerawat

Beberapa ibu hamil sering mengalami kulit berjerawat. Hal ini terjadi karena perubahan hormon yang mengakibatkan kulit jadi lebih sensitif. Namun jangan khawatir, masalah kulit berjerawat ini akan hilang dengan sendirinya usai melahirkan.

Hindari melakukan scrub karena bisa memperparah jerawat. Hindari produk perawatan yang mengandung retinol, tretinoin, isotretinoin, adapalene, dan produk turunan Vitamin A lainnya. Hal ini karena bahan-bahan itu bisa menyebabkan cacat lahir jika dipakai selama kehamilan.

5. Muncul varises

Pada beberapa kasus, kehamilan juga bisa menyebabkan munculnya varises. Untuk menghindarinya, Anda hanya perlu menjaga kelembapan kulit sepanjang hari. Dengan cara ini kulit akan lebih lunak dan elastis sehingga mencegah tonjolan jaringan ikat.

Itu tadi lima masalah kulit yang sering muncul saat masa kehamilan. Semoga bermanfaat untuk Anda!

(YG)

Comment di sini