Ingin Daging Empuk dan Gurih? Ini Caranya

by
November 11th, 2014 at 11:17 am

CiriCara.com – Daging menjadi salah satu bahan makanan yang paling banyak digemari. Tak heran jika harga daging di pasaran baik di supermarket maupaun di pasar tradisional masih terbilang cukup tinggi. Tertarik menciptakan menu makanan dari olahan daging?

daging sapi / Ist

daging sapi / Ist

Kebanyakan orang sering mengeluhkan olahan daging sering alot atau keras saat dimakan. Menu makan yang harusnya enak malah jadi merepotkan karena harus memakai pisau dan bahkan sisa daging sering terselip di gigi yang jelas akan sangat mengganggu.

Masalah daging alot tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan berbagai cara, mulai dari mengukusnya selama beberapa jam hingga memukul-mukul daging sebelum dikukus. Daun pepaya atau nanas juga disebut-sebut ampuh untuk membuat daging jadi empuk.

Namun, cara-cara tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Pasalnya untuk membuat daging empuk dengan cara di atas itu paling tidak butuh waktu hingga satu jam lebih. Tidak mau menunggu terlalu lama?

Berikut ada cara yang lebih cepat:

- Kulit pisang

Kandungan bahan aktif alami di dalam kulit pisang bisa membantu menguraikan protein dalam daging selama proses perebusan. Hal ini bisa membuat daging jadi lebih cepat empuk. Seperti yang dilansir Female Kompas, kulit pisang ini juga bisa membuat daging yang diolah jadi tidak kering.

Caranya: pilih kulit pisang yang sudah berwarna kuning (pisang yang sudah matang). Cuci sampai bersih dengan menggunakan air mengalir. Masukkan daging ke panci atau oven (sesuai dengan cara mengolah Anda) bersama dengan kulit pisang tadi, masak sampai matang.

Kulit pisang ini akan membuat daging jadi lebih cepat empuk, kenyal, dan gurih. Meskipun dimasak bersama dengan kulit pisang, cita rasa daging tidak akan berubah, jadi Anda tidak perlu khawatir rasa daging akan jadi rasa pisang. :)

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Prengus.

(YG)

Comment di sini