Hal yang Perlu Dilakukan Setelah di-PHK

by
November 12th, 2014 at 10:44 am

CiriCara.com – Salah satu risiko menjadi seorang pegawai atau pekerja adalah di-PHK dari perusahaan tempat bekerja. PHK atau pemutusan hubungan kerja ini selalu menghantui para pekerja. Apalagi, semua keputusan ada di tangan perusahaan.

sedih dipecat

Sedih di-PHK – Ist

Di-PHK oleh perusahaan tempat bekerja tentu akan membuat Anda merasa kecewa. Anda pun pastinya akan merasa bingung harus kemana lagi supaya bisa cepat dapat penghasilan. Belum ditambah lagi komentar-komentar pedas dari orang di sekitar.

Butuh waktu agar Anda bisa bangkit kembali setelah di-PHK. Jika Anda di-PHK karena melakukan sesuatu hal yang buruk, tentu hal ini akan membuat nama baik Anda jadi tercemar. Lalu harus bagaimana?

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan setelah di-PHK:

1. Curhat

Menahan beban kesedihan sendiri hanya akan membuat Anda stress. Lebih baik Anda ceritakan masalah PHK itu ke pasangan atau teman dekat yang dapat dipercaya. Siapa tahu mereka akan memberikan support supaya Anda jadi bersemangat lagi.

2. Introspeksi diri

Cobalah untuk merenung sejenak. Jika Anda di-PHK karena kesalahan Anda sendiri, maka jangan pernah berani untuk mengulanginya lagi. Jika Anda di-PHK karena perusahaan bangkrut, maka Anda hanya perlu mencari pekerjaan baru dan dengan semangat baru.

3. Rencana keuangan

Setelah di-PHK tentu Anda tidak akan mendapatkan penghasilan, karenanya Anda harus menyusun rencana keuangan. Jangan sampai uang tabungan Anda habis sebelum dapat pekerjaan baru. Rencanakan semuanya dengan cermat, jangan sampai terlilit utang.

4. Minta bantuan

Jangan ragu untuk minta bantuan kepada orang tua, saudara, pasangan, atau sahabat agar Anda bisa dapat pekerjaan baru. Tidak perlu malu kabar PHK Anda tersebar, yang terpenting peluang Anda untuk dapat pekerjaan baru akan semakin lebar.

5. Mencari pekerjaan baru

Jangan hanya menunggu info dari teman, Anda pun harus berusaha sendiri. Segera cari pekerjaan baru sedapatnya, minimal bisa buat pemasukkan bulanan untuk keuangan Anda. Ini lebih bagus dibanding Anda menganggur.

Di-PHK memang menyedihkan, tapi tidak ada gunanya terus bersedih. Lebih baik bangkit dan cari pekerjaan baru, siapa tahu ada pekerjaan yang lebih baik daripada pekerjaan Anda yang dulu. Semoga berhasil!

(YG)

Comment di sini