Cara Antisipasi Keuangan Jika BBM Jadi Naik

by
November 13th, 2014 at 10:10 am

CiriCara.com – Pemerintah kabarnya akan segera menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dalam waktu dekat ini. Tidak main-main, besaran kenaikan harga bbm subsidi tersebut berkisar mulai dari Rp 2.500 sampai Rp 3.000 per liter.

tips atur keuangan keluarga

Mengatur Keuangan – Ist

Kenaikan harga bbm subsidi tersebut jelas akan mengganggu kondisi keuangan keluarga Anda. Apalagi jika selama ini Anda termasuk pengguna bbm subsidi. Namun apa daya, sebagai masyarakat biasa kita harus patuh pada keputusan pemerintah.

Meskipun akan terasa berat, melakukan aksi demonstrasi untuk menolak kenaikkan harga bbm subsidi itu bukan solusi yang baik. Daripada Anda capek-capek demo dan belum tentu didengar para pejabat, sebaiknya Anda melakukan langkah antisipasi mulai dari sekarang.

Berikut beberapa cara yang mungkin akan membantu Anda saat BBM naik:

1. Penghasilan tambahan

Mulai sekarang Anda harus berpikir untuk mencari penghasilan tambahan. Mungkin saat ini gaji Anda masih cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tapi apakah akan sama jika harga bbm subsidi sudah naik? Anda bisa buka toko online buat tambahan.

2. Membuat kebun

Harga bbm biasanya berpengaruh juga pada harga bahan makanan, seperti cabai, bawang, sayuran, dll. Untuk mengantisipasinya Anda bisa mulai belajar berkebun dengan menanam cabai. Mungkin hasilnya tidak akan besar, tapi lumayan bisa meringankan beban keuangan.

3. Pilih transportasi murah

Anda harus mulai memperhitungkan biaya transportasi. Jika memang dirasa memakai mobil pribadi terlalu mahal, Anda bisa beralih ke motor atau angkutan umum. Kalau masih terasa berat, Anda bisa beralih ke sepeda. Selain bisa hemat ongkos, Anda pun jadi lebih sehat.

4. Lakukan penghematan

Lihat kembali pos-pos pengeluaran Anda pada bulan lalu. Perhatikan pos mana saja yang paling banyak menyedot uang Anda. Pikirkan, apakah pos tersebut bisa lebih dihemat? Jika iya, tentu hal ini akan sangat membantu keuangan Anda jika harga bbm jadi naik.

5. Buat simulasi

Anda harus mulai membuat perkiraan dari sekarang. Kira-kira seberapa besar biaya yang akan Anda keluarkan per bulan setelah harga bbm subsidi naik. Hitung mulai dari biaya transportasi, listrik, air, makan, rumah, dll. Dengan cara ini Anda akan tahu perkiraan dana tambahan yang diperlukan.

Cepat atau lambat, harga bbm subsidi nampaknya memang akan dinaikkan oleh pemerintah. Pasalnya pemerintah saat ini tengah berusaha untuk menekan angka inflasi APBN tahun 2015 mendatang. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini