Mencicipi Lontong Khas Kediri

by
November 13th, 2014 at 9:31 am

CiriCara.com – Lontong, makanan yang satu ini rasa-rasanya hampir semua lapisan masyarakat mengetahuinya. Makanan yang terbuat dari beras dan dibungkus dengan daun pisang dengan aroma yang khas ini biasanya dihidangkan dengan sate, sayur lodeh, bakso, pecel, dan soto.

getuk pisang kediri

Lontong/Getuk Pisang khas Kediri – Ist

Makanan pengganti nasi ini ternyata hampir dimiliki setiap kota di Indonesia. Di Ngawi contohnya, nasi gulung ini sering disajikan dengan pecel dan tahu bumbu, di Malang lontong biasa disajikan dengan bakso khas Malangnya. Selain pembuatannya yang mudah lontong yang banyak dijumpai di Ngawi dan Malang ini juga sangat terjangkau harganya. Anda hanya cukup mengeluarkan uang sekitar 1000-2000 sudah dapat menikmati sensasi rasa perbaduan antara beras dengan daun pisang ini.

Namun ada yang unik di Kediri Jawa Timur, lontong di daerah ini beda dari daerah-daerah lain. Aneh!! Kenapa aneh? Pasalnya lontong di kediri terbuat dari pisang. Nah lo? Iya lontong pisang. Masyarakat Kediri sendiri menyebutnya dengan Gethuk Pisang. Sekilas memang sama jika keduanya dijejerkan. Namun, jika bungkus sudah dibuka bedalah rasa dan aromanya. Lontong Kediri yang terbuat dari pisang ini atau istilah tempat aslinya sebagai gethuk pisang ini terbuat dari bahan dasar pisang raja nangka, gula pasir, garam secukupnya dan tentunya daun pisang untuk membungkus.

Cara membuat lontong pisang yang menjadi oleh-oleh khas ketika anda sambang ke Kediri ini sangatlah mudah, pertama-tama kupas buah pisang dan cuci hingga bersih, lalu kukus pisang hingga matang dan tumbuk hingga halus. Setelah halus, campurkan gula pasir serta garam secukupnya ke dalam pisang yang telah halus, lalu padatkan adonan hingga uapnya hilang. Terakhir, masukan adonan pisang tersebut ke dalam daun pisang dan bungkus seperti lontong. Jangan lupa untuk menjepit-jepit ujung bungkus agar lontong pisang tidak tumpah. Setelah itu biarkan lontong pisang hingga mengeras. Nah, sekarang si lontong unik khas Kediri siap dinikmati.

Oya guys, sedikit bocoran ni ya, rasa dari lontong pisang ini sangat sensasional selain manis, legit, gurih guring nyo, dan juga kalian tidak perlu cemas dengan kondisi perut. Walaupun terbuat dari pisang namun jangan salah, anda menikmati sebungkus saja rasa kenyang akan langsung menghampiri anda. Nah, tunggu apa lagi segera nikmati lontong khas kota yang terkenal dengan “Gumul” nya ini. Selamat berkuliner.

Comment di sini